alexametrics

Tiga Paket Palapa Ring Target Rampung Pertengahan Tahun 2019

loading...
Tiga Paket Palapa Ring Target Rampung Pertengahan Tahun 2019
Pembangunan Palapa Ring yang terdiri dari tiga paket yakni Palapa Ring Paket Barat, Tengah, dan Palapa Ring Paket Timurbakal rampung pada pertengahan tahun. Foto/Dok
A+ A-
TAHUNA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menargetkan pembangunan Palapa Ring yang terdiri dari tiga paket bakal rampung pada pertengahan tahun ini. Untuk diketahui, Palapa Ring Tengah melintasi Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara. Jaringan serat optik ini terdiri atas kabel darat sepanjang 1.326,22 kilometer kabel darat dan 1.787,06 km kabel laut.

Menkominfo Rudiantara menerangkan, Palapa Ring merupakan bangunan tol informasi dalam bentuk serat optik yang menghubungkan seluruh wilayah Indonesia."Sebagai infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi pita lebar, Palapa Ring terdiri dari tiga paket, yaitu Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur," kata Rudiantara.

Sambung dia menerangkan, proyek yang memungkinkan akses kecepatan internet 4G sampai dengan 30 Mbps bakal selesai di seluruh Indonesia pada tahun ini. Adapun Palapa Ring Tengah sendiri baru selesai pada 21 Desember 2018. "Proyek Palapa Ring ditargetkan selesai di seluruh Indonesia pada pertengahan tahun ini," ungkap Rudiantara.



Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan Palapa Ring merupakan perwujudan dari Program Nawacita Jokowi. "Ini adalah komitmen dari Presiden Jokowi untuk membangun dari pinggiran dan memperkuat NKRI yang diwujudkan dengan pembangunan infrastruktur,"katanya.

Menkeu menuturkan, Palapa Ring mampu diselesaikan meskipun dana APBN terbatas. Tambah dia, skema pembiayaan infrastruktur dapat dilakukan bervariasi. "Walaupun tidak semua proyek infrastruktur bisa dibangun dengan APBN namun dapat diatasi juga dengan instrumen penjaminan oleh PPI (Penjaminan Pendanaan Infrastruktur) sehingga mampu mempercepat proses pembangunan," imbuh Sri.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak