alexametrics

Perbarindo Serahkan Bantuan Korban Gempa Palu dan Donggala

loading...
Perbarindo Serahkan Bantuan Korban Gempa Palu dan Donggala
Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) menyerahkan bantuan bagi korban gempa Palu dan Donggala. Foto/Dok.Perbarindo
A+ A-
JAKARTA - Bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda empat daerah di Sulawesi Tengah, yaitu Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong, pada tahun lalu masih menyisakan kesedihan mendalam bagi masyarakat Sulawesi Tengah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 2.256 orang meninggal dunia akibat musibah ini. Sebarannya di Kota Palu 1.703 orang meninggal dunia, Donggala 171 orang, Sigi 366 orang, Parigi Moutong 15 orang dan Pasangkayu 1 orang.

Selain itu, banyak bangunan dan infrastruktur yang hancur akibat bencana. Kerusakan meliputi 68.451 unit rumah, 327 unit rumah ibadah, 265 unit sekolah, perkantoran 78 unit, toko 362 unit, jalan 168 titik retak, jembatan 7 unit dan sebagainya.



Untuk itu, Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) melakukan inisiasi dengan mengumpulkan donasi dan sumbangan dari seluruh pengurus Perbarindo dan Bankir BPR dan BPRS yang tersebar di seluruh Indonesia. Fokus bantuan Perbarindo diberikan kepada anak yatim, janda, sarana ibadah dan tabungan untuk pelaku UMKM yang lapaknya terdampak gempa dan tsunami.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan pada empat titik, yaitu Masjid Nurul Khaeraat, Jl. Sis aljufri; Rusunawa Kelurahan Ujuna, Jl. Tanggul; Masjid Al Ikhsan, Jl. Tanggiso; dan Masjid Mizabur Rahma, Jl. Banteng.

Ketua Umum Perbarindo, Joko Suyanto, menyampaikan, program Perbarindo Peduli merupakan wujud nyata dari kepedulian pengurus Perbarindo dan insan BPR dan BPRS di seluruh Indonesia terhadap korban bencana alam.

"Terkait kejadian gempa Palu dan Donggala, Perbarindo Peduli menyalurkan bantuan berdasarkan titik-titik penyaluran yaitu pada titik pertama, Masjid Nurul Khaeraat, telah disalurkan untuk 70 orang anak yatim, janda dan pelaku UMKM, serta bantuan renovasi untuk 3 masjid senilai Rp40 juta," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (22/1/2019).

Pada titik kedua, yaitu Rusunawa Kelurahan Ujuna, disalurkan bantuan untuk 150 orang anak yatim, janda dan pelaku UMKM, serta bantuan renovasi untuk 3 masjid senilai Rp30 juta.

Sedangkan titik ketiga, yang berlokasi di Masjid Al Ikhsan, Perbarindo Peduli telah menyalurkan bantuan untuk 131 orang anak yatim, janda dan pelaku UMKM, serta bantuan renovasi masjid sebesar Rp50 juta untuk 4 masjid. Lokasi terakhir Masjid Mizabur Rahma, ditempat tersebut disalurkan bantuan untuk 75 orang anak yatim, janda dan pelaku UMKM, serta bantuan renovasi untuk 3 masjid, senilai Rp40 juta.

Total bantuan yang diserahkan Perbarindo sebanyak Rp586 juta dengan rincian untuk anak yatim, janda dan pelaku UMKM sebanyak 426 orang (masing-masing Rp1 Juta) dan 13 masjid. Para penerima bantuan akan mengambil melalui BPR yang yang telah ditunjuk untuk menyalurkan bantuan, yaitu PT BPR Palu Lokadana Utama, PT BPR Nustria Mitra, PT BPR Sulewesi Karya Sentosa, PT BPR Prima Arta Sejahtera, dan PT BPR Palu Anugrah.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita korban gempa dan dapat bermanfaat serta menguatkan mereka dalam menghadapi musibah ini," tambah Joko Suyanto. Dalam kesempatan penyerahan bantuan, Joko Suyanto didampingi jajaran pengurus DPP Perbarindo dan pengurus DPD Perbarindo Sulawesi Tengah.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak