Harga Minyak Dunia Naik 1% Saat AS Ancam Jatuhkan Sanksi ke Venezuela

Jum'at, 25 Januari 2019 - 10:59 WIB
Harga Minyak Dunia Naik 1% Saat AS Ancam Jatuhkan Sanksi ke Venezuela
Harga Minyak Dunia Naik 1% Saat AS Ancam Jatuhkan Sanksi ke Venezuela
A A A
SINGAPURA - Harga minyak mentah dunia naik mencapai 1% pada perdagangan, Jumat (25/1/2019) seiring gejolak di Venezuela yang memicu kekhawatiran bahwa ekspor minyak negara tersebut akan terganggu. Sedangkan Washington sebelumnya mengisyaratkan akan memberlakukan sanksi terhadap ekspor minyak mentah Venezuela karena Caracas turun lebih jauh ke dalam kekacauan politik dan ekonomi.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak mentah berjangka Internasional yakni Brent berada di level USD61,70 per barel pada pukul 02.27 GMT, atau mendapatkan dorongan sebesar 61 sen yang setara 1% dibandingkan sesi penutupan terakhir. Sedangkan harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan menjadi USD53,76 per barel lewat peningkatan 63 sen atau 1,2%.

Di tengah protes jalanan yang penuh kekerasan, pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara awal pekan ini, memenangkan dukungan dari Washington dan sebagian besar Amerika Latin. Kondisi tersebut mendorong Nicolas Maduro, yang pemimpin negara itu sejak 2013 memutuskan hubungan dengan Amerika Serikat.

Namun secara fundamental, pasar minyak global masih dipasok dengan baik, sebagian berkat peningkatan produksi di Amerika Serikat, saat produksi minyak mentah Negeri Paman Sam -julukan AS- bertambah lebih dari 2 juta barel per hari (bph) tahun lalu ke rekor 11,9 juta bph. Lonjakan output telah menghasilkan pembengkakan persediaan bahan bakar AS.

Stok bensin naik selama delapan minggu berturut-turut dalam minggu ini hingga 18 Januari, dengan 4,1 juta barel ke rekor 259,6 juta barel, hal ini menurut data resmi Administrasi Informasi Energi AS (EIA) dalam laporan mingguan. Persediaan minyak mentah naik 8 juta barel.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5808 seconds (0.1#10.140)