Sri Mulyani Pastikan Perlambatan China Tak Ganggu Ekonomi RI

Selasa, 29 Januari 2019 - 14:57 WIB
Sri Mulyani Pastikan Perlambatan China Tak Ganggu Ekonomi RI
Sri Mulyani Pastikan Perlambatan China Tak Ganggu Ekonomi RI
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan perlambatan ekonomi China tidak menganggu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebelumnya kecemasan mencuat di kalangan pengusaha bahwa ekonomi China yang melambat bakal menganggu iklim investasi di Indonesia.

"Ekonomi China melambat tidak berarti permintaan barang dan jasa menurun, kalaupun mereka ada penurunan dari permintaan tentu kita dari sisi Indonesia harus tetap menjaga kinerja pertumbuhan ekonomi dengan suasana eksternal," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Sambung dia menekankan, bahwa pihaknya bakal terus bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) agar Inflasi tetap terjaga dalam target yang ditetapkan pemerintah. Ditambah bakal memperkuat fundamental ekonomi.

"Caranya dengan fokus agar domestik demand tetap baik, makanya dengan BI akan tetap jaga inflasi terjaga agar konsumsi terjaga. Kalau kita tetap jaga di 2019, maka pertumbuhan ekonomi dalam negeri bagus dari sisi konsumi rumah tangga," paparnya.

Mantan direktur Bank Dunia itu juga menyebutkan, akan terus meningkatkan iklim investasi di Indonesia. Salah satunya, dengan memberikan insentif pajak pada beberapa kalangan pengusaha.

"Strategi investasi kita aktif untuk promote, walaupun kita alami tekanan suku bunga global tetapi kredit grwoth tetap baik, karena bank sangat sehat dan stabil. Sehingga investasi di Indonesia masih bisa didanai dari perbankan, kapital market atau bonds, ini cara pemrintah untuk menjaga ekonomi tetap baik," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7340 seconds (0.1#10.140)