alexametrics

Jaringan Supermarket Asal Inggris Tesco Bakal PHK 9.000 Pegawai

loading...
Jaringan Supermarket Asal Inggris Tesco Bakal PHK 9.000 Pegawai
Jaringan supermarket asal Inggris, Tesco akan menutup 90 toko sebagai bagian dari rencana penghematan biaya yang secara luas mempengaruhi nasib 9.000 pegawai. Foto/Ilustrasi, Dok BBC
A+ A-
CHESHUNT - Jaringan supermarket asal Inggris, Tesco mengumumkan bakal menutup 90 toko sebagai bagian dari rencana penghematan biaya yang secara luas bakal mempengaruhi nasib 9.000 pegawai mereka. Kelompok ritel terbesar di Inggris menerangkan, 700 toko yang tersisa mencakup gerai ikan, daging serta toko serba ada masih beroperasi penuh atau lebih fleksibel.

Seperti dilansir BBC, mereka memastikan tidak akan lagi menawarkan layanan makanan cepat saji di kantin dan staf kantor pusat akan dipangkas. Dikatakan 9.000 pekerja akan terpengaruh, tetapi setengahnya diyakinkan bisa dipekerjakan kembali. Lebih dari 10.000 tenaga kerja menerima PHK di Tesco sejak chief executive saat ini, Dave Lewis, mengambil alih pada tahun 2014.

Toko bahan makanan terbesar di Inggris tersebut berada di tengah-tengah upaya untuk penghematan mencapai sebesar 1,5 miliar poundsterling seiring meningkatnya persaingan antara supermarket. "Tidak hanya gaja belanja konsumen yang berbeda, tetapi kami tahu bahwa mereka juga memiliki waktu lebih sedikit untuk berbelanja yang berarti mereka lebih jarang ke toko," jelas perusahaan.



Pihak Tesco menambahkan, bakal perubahan pada beberapa toko besar untuk memastikan bahwa kami memiliki penawaran yang tepat untuk pelanggan. Pengamat Theo Leggett, mengutarakan untuk sebuah perusahaan yang menghasilkan laba lebih dari satu miliar pound setahun, dan melihat perdagangan Natal yang cukup kuat, Tesco tampaknya sangat ingin memangkas biaya.

Namun alasannya cukup sederhana yakni persaingan antar supermarket sangat ketat. Perusahaan diskon dari Jerman, Aldi dan Lidl, yang tiba pada tahun 1990-an, sekarang berkembang cukup besar untuk membuat dampak nyata. Mereka terus mengikis pangsa pasar pemain mapan, termasuk Tesco, dan memaksa mereka untuk menurunkan harga mereka sendiri.

Dan jika regulator persaingan memungkinkan Sainsbury untuk mengambil kendali Asda, maka Tesco akan kehilangan dominasi pasarnya - dan dihadapkan dengan saingan yang sama kuat dengan dirinya sendiri, dengan daya tawar yang sama di antara pemasok. Itu bisa memberi tekanan lebih lanjut pada penetapan harga dan margin keuntungan.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak