Jokowi Panen Raya Udang Vaname di Tambak Muaragembong

Rabu, 30 Januari 2019 - 15:51 WIB
Jokowi Panen Raya Udang Vaname di Tambak Muaragembong
Jokowi Panen Raya Udang Vaname di Tambak Muaragembong
A A A
BEKASI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Panen Raya Udang Vaname di tambak warga Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/1/2019). Panen raya udang‎ merupakan merupakan program kerja dalam merealisasikan Perhutanan Sosial di Pulau Jawa yang dikerjakan paralel dengan usaha (seperti tambak udang) di seluruh Indonesia.

Perhutanan Sosial di Indonesia telah mencapai areal seluas 1,088 juta hektare dimana data itu belum termasuk Pulau Jawa. Tambak yang dipanen merupakan bagian dari tahap awal proyek percontohan perhutanan sosial di lokasi itu seluas total 80 hektare.

Petambak di Muaragembong sendiri sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) atas pemanfaatan hutan kawasan hutan negara, untuk dapat diakses oleh petani dan petambak. Lebih lanjut, Jokowi menerangkan permintaan udang untuk ekspor ke luar negeri sangat besar bahkan permintaan datang dari hampir semua negara.

Lantaran hal itu, Ia menekankan kepada jajarannya untuk memberikan perhatian serius terhadap para petambak. "Kita tidak boleh membiarkan petani rugi kemudian semuanya kapok enggak berani memelihara udang. Karena ini permintaan udang vaname ini gede sekali, untuk ekspor terutama,” ujarnya.

Saat panen raya tersebut, Jokowi disambut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu bukanlah kali pertama ke Kecamatan 23 di Kabupaten Bekasi tersebut. Sebelumnya pada November 2017 lalu, Jokowi sudah pernah ke Muaragembong meninjau tambak udang dan bandeng.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4484 seconds (0.1#10.140)