Pameran Batik Nusantara, Karya Ridwan Kamil Dibanderol Rp1,5 juta

Kamis, 31 Januari 2019 - 01:44 WIB
Pameran Batik Nusantara, Karya Ridwan Kamil Dibanderol Rp1,5 juta
Pameran Batik Nusantara, Karya Ridwan Kamil Dibanderol Rp1,5 juta
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, selama ini dikenal sebagai arsitek andal. Namun, dalam pameran Legenda Batik Nusantara 2019 di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kang Emil--sapaan akrabnya--mencoba peruntungan baru.

Dalam pameran ini, terdapat batik dengan logo matahari di dada layaknya logo Iron Man karya Ridwan Kamil. Corak batik tersebut mendapat antusiasme dari masyarakat. (Baca Juga: Pameran Batik Nusantara Targetkan Transaksi Rp10 Miliar)

Animo ini diakui oleh perwakilan Maxxindo, Andi B, yang menyebut kendati baru dirilis, batik karya sang gubernur mendapat banyak peminat. "Batik corak Iron Man dari Kang Emil menarik pengunjung, selain tentu juga batik-batik lainnya yang ada di pameran." kata Andi, Rabu (30/1/2019).

Menurut dia, batik Kang Emil menghadirkan unsur kontemporer, namun tidak menghilangkan pakem batik yang sudah ada. Batik tersebut, kata dia, didesain sendiri oleh Ridwan Kamil, bersama para perajin batik berpengalaman dari Cirebon.

Selain batik corak Iron Man, Emil juga menampilkan motik dengan inisial namanya RK, dengan pola RK gradasi biru, merah, kuning, orange, hitam dan masih banyak lagi.

Soal harga, untuk motif Iron Man, harganya dipatok Rp750.000 per helai. Sementara untuk Pola RK tergantung kerumitan desainnya, dengan harga antara Rp850.000 sampai dengan Rp1,5 juta per helai.

Selain batik Ridwan Kamil, juga ada batik Jalamas. Batik ini menggabungkan batik dan bordir. Namun bordir ini timbul dan dibuat dengan sistem rajut khusus. Sehingga di bagian sebaliknya tidak tembus.

Produk ini, kata dia, sudah dipatenkan dan dibuat dengan mesin khusus. Untuk harga, kata dia, antara Rp1 juta hingga Rp5 juta per helai.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5066 seconds (0.1#10.140)