alexametrics

Harkonas 2019, Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya

loading...
Harkonas 2019, Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya
Logo dan maskot Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012, Pemerintah telah menetapkan adanya Hari Konsumen Nasional (Harkonas). Harkonas 2019 akan dilaksanakan bulan Maret di halaman Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jawa Barat. Kegiatan peringatan Harkonas 2019 terselenggara atas kerjasama Kementerian Perdagangan dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Peringatan Harkonas 2019 mengangkat tema "Saatnya Konsumen Indonesia Berdayaā€¯, dan rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Dalam momentum Harkonas 2019, pemerintah terus mendorong untuk meningkatkan keberdayaan konsumen. Fokus tahun ini lebih dititikberatkan dalam mencapai konsumen yang berdaya.

"Konsumen tidak hanya mampu memahami hak dan kewajiban sebagai konsumen, namun bisa menjadi konsumen yang kritis dan berani menyampaikan pendapat," ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, di Jakarta, Rabu (30/1/2019).



Sambung dia, peringatan Harkonas merupakan momentum yang tepat sebagai pengingat untuk peningkatan perlindungan konsumen di Indonesia. Nantinya, Harkonas 2019 harus memposisikan diri sebagai bentuk kehadiran negara melindungi konsumen.

"Rasa percaya diri masyarakat dalam bertransaksi bersifat fundamental bagi kesehatan ekonomi suatu bangsa. Kondisi bertransaksi dengan percaya diri ini membangun dinamika pasar dan daya beli konsumen yang efektif, sehingga terbangun pertumbuhan ekonomi nasional berkualitas," katanya.

Sebagai informasi, dalm rangka mendukung pelaksanaan peringatan Harkonas 2019 telah ditetapkan logo dan maskot Harkonas 2019 sebagai sarana publikasi dan promosi kepada masyarakat, yang memberikan identitas bagi masyarakat tentang Harkonas sekaligus menjadi alat pemberdayaan perlindungan konsumen.

Maskot dan Logo Harkonas 2019 dilandasi makna perlindungan dan kecerdasan. Bentuk logo dibuat dengan menggabungkan perisai dengan manusia yang mengangkat kedua tangan dengan mengepal.

Makna manusia dengan tangan mengepal dimaksudkan bahwa konsumen sudah saatnya berdaya, berkemampuan melakukan sesuatu atau berkemampuan bertindak untuk mengatasi masalah. Sedangkan perisai menyerupai otak manusia melambangkan bahwa konsumen harus cerdas dan bijak dalam melindungi diri.

Adapun maskot Harkonas 2019 digambarkan dengan bentuk binatang lumba-lumba yang menggunakan ikat kepala sunda dan motif batik Megamendung memberikan simbolisasi Harkonas 2019 diadakan di Jawa Barat. Lumba-lumba merupakan binatang sosial yang cerdas dan berdaya akal untuk melindungi diri dari ancaman.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak