Batam Punya Klinik Berusaha, Berinvestasi Makin Mudah dan Pasti

Sabtu, 02 Februari 2019 - 02:13 WIB
Batam Punya Klinik Berusaha, Berinvestasi Makin Mudah dan Pasti
Batam Punya Klinik Berusaha, Berinvestasi Makin Mudah dan Pasti
A A A
BATAM - Pemerintah membuka Klinik Berusaha di Kota Batam untuk mempermudah perizinan di wilayah tersebut. Dengan dibukanya klinik berusaha, diharapkan dapat memacu peningkatan investasi dan perluasan aktivitas industri, ekspor, serta pariwisata khususnya di Kota Batam dan Provinsi Kepulauan Riau.

Adapun klinik berusaha tersebut mencakup fasilitas pelayanan berupa penyelesaian dan pengawalan kasus berusaha pada bidang lahan, lingkungan, lalu lintas barang, keimigrasian, serta ketenagakerjaan.

Sekretaris Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, kemudahan perizinan berusaha menjadi salah satu faktor penting untuk menarik investasi, di samping ekosistem lain seperti ketersediaan lahan, insentif, sumber daya, market size, kenyamanan operasional berusaha, dan lain-lain.

Selain mendorong investasi, pemerintah juga terus berupaya meningkatkan ekspor sekaligus mengendalikan impor. "Ini semua untuk menekan defisit transaksi berjalan kita," ujar Susiwijono yang juga selaku Ketua Dewan Pengawas Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam di Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP), Batam, Jumat (1/2/2019).

Sambung dia melanjutkan, meski ketidakpastian global diperkirakan masih ada, namun Indonesia tidak boleh kehilangan momentum. Dia optimistis tren 2019 akan membaik kendati merupakan tahun politik.

"Dari sekian banyak daerah, Batam yang sangat potensial. Saya sangat optimis investasi akan naik di tahun ini. Apalagi pemerintah akan menjamin iklim investasi aman dan kondusif," ungkapnya.

Susiwijono menuturkan, seluruh pemangku kepentingan terus duduk bersama merancang masa depan Batam yang ideal, tanpa meminggirkan urusan di depan mata yang harus diselesaikan, seperti mendorong kegiatan investasi dan berusaha.

"Perbedaan pendapat memang dinamika. Ketidakpastian juga masih ada, tapi yakinlah bahwa kita sedang berproses. Semua harus saling percaya bahwa ini untuk Batam yang lebih baik. Peluncuran ini adalah langkah awal yang nyata untuk menyatukan otoritas Batam," jelasnya.

Peluncuran Klinik Kemudahan Berusaha di MPP Batam ini merupakan bagian dari tugas pengawalan dan pengembangan investasi di Batam, sebagai perwujudan amanat Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha. Klinik Berusaha ini terhubung dengan Satuan Tugas Percepatan Pelaksanaan Berusaha di tingkat Pusat dan Daerah, serta terhubung pula ke Kelompok Kerja Paket Kebijakan Ekonomi melalui Protokol Komunikasi.

Selain itu, investor dan pelaku usaha di MPP Batam juga dapat memilih layanan sesuai kebutuhannya, yaitu mengakses layanan Online Single Submission (OSS) baik melalui Layanan Mandiri, Layanan Berbantuan, maupun Layanan Prioritas. Konten, eligibility penerima layanan, dan proses bisnis Perizinan Berusaha diusahakan untuk semakin sederhana, jelas, tegas, dan berbiaya rendah.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7768 seconds (0.1#10.140)