Harga Minyak Menguat Menjelang Pidato Kenegaraan Donald Trump

Rabu, 06 Februari 2019 - 11:38 WIB
Harga Minyak Menguat Menjelang Pidato Kenegaraan Donald Trump
Harga Minyak Menguat Menjelang Pidato Kenegaraan Donald Trump
A A A
SYDNEY - Harga minyak mentah naik tipis pada perdagangan Rabu (6/2/2019) merespon jelang pidato kenegaraan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Melansir Reuters, harga minyak berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) naik 8 sen menjadi USD53,74 per barel pada pukul 01:53 GMT, setelah Selasa lalu turun 1,7%.

Harga minyak mentah berjangka Brent International menguat 7 sen menjadi USD62,05 per barel, setelah ditutup turun 0,8 persen di sesi sebelumnya.

Kenaikan harga minyak ini seiring dengan fokus pedagang menjelang pidato kenegaraan Donald Trump. Analis pasar senior di bursa berjangka Oanda di Sydney, Australia, Alfonso Esparza, menilai jika kesepakatan AS dan China berhasil, maka perdagangan menjadi positif dan ini baik bagi harga minyak.

Sebaliknya, jika kesepakatan perdagangan AS dan China tidak berhasil, maka perdagangan global menjadi negatif untuk harga energi. Karena permintaan minyak akan lebih rendah bila pertumbuhan ekonomi global terus diturunkan.

Selain itu, kenaikan harga minyak selaras dengan sanksi AS terhadap Venezuela yang membantu memperketat pasokan. Dan ini ditambah dengan OPEC dan sekutunya, termasuk Rusia, yang terus memangkas produksi minyak demi menyeimbangkan pasokan.

Sementara, AS terus meningkatkan pasokan minyak mentah mereka, dengan meningkatkan produksi dan penyulingan. Data American Petroleum Institute menunjukkan persediaan minyak mentah AS naik 2,5 juta barel dalam pekan yang berakhir 1 Februari, menjadi 448,2 juta barel. Ini lebih tinggi dari ekspektasi analis yang mengatakan 2,2 juta barel.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5893 seconds (0.1#10.140)