alexametrics

Pertumbuhan Ekonomi Meleset, Ini Kata Kepala BPS

loading...
Pertumbuhan Ekonomi Meleset, Ini Kata Kepala BPS
Kepala BPS Suhariyanto. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2018 sebesar 5,17%. Hal ini lebih rendah dibandingkan target Kementerian Keuangan sebesar 5,2% dan target APBN 2018 sebesar 5,4%.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyonto, menjelaskan alasan pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak mencapai target. Menurut dia, faktor gejolak ekonomi global ikut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga tidak sesuai dengan target.

"The Fed sering menaikkan suku bunga dan kita juga enggak memperkirakan adanya perang dagang (AS dengan China) yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Suhariyanto di Gedung BPS, Jakarta, Rabu (6/2/2019).



Sambung dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,17% ini sudah sangat bagus dalam menghadapi gejolak ekonomi global yang masih terjadi. (Baca: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2018 Hanya 5,17%)

"Tapi kalau kita lihat pertumbuhan ekonomi Indonesia, ini masih sangat bagus. Ini sudah menunjukkan kita memang siap menghadapi gejolak ekonomi global yang tidak pasti," katanya.

Sebagai informasi,pertumbuhan ekonomi sebesar 5,17% ini hasil akumulasi dari empat kuartal di tahun 2018. Pada kuartal I, ekonomi Indonesia tumbuh 5,06%, kuartal II naik menjadi 5,27%, kuartal III sebesar 5,17%, dan kuartal IV-2018 sebesar 5,18%.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak