alexametrics

CNMP Group Segera Buka Jalur Tol Motor di Medan dan Bandung

loading...
CNMP Group Segera Buka Jalur Tol Motor di Medan dan Bandung
Ketua DPR Bambang Soesatyo mendukung rencana PT CMNP membuka jalur khusus bagi kendaraan bermotor roda dua pada jalan tol yang akan mereka bangun pada tahun ini di Medan dan Bandung. Foto/Dok. SINDOphoto/Yulianto
A+ A-
JAKARTA - PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) berencana membuka jalur khusus bagi sepeda motor di jalan tol yang akan mereka bangun pada tahun ini di Medan dan Bandung. Rencana tersebut diungkapkan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat menerima kunjungan CEO CMNP Tito Sulistio di Gedung DPR, Kamis 7 Februari 2019.

Bamsoet tentu saja mendukung rencana tersebut. “Sudah sepantasnya pengelola jalan tol tidak hanya mengejar profit namun juga memberikan solusi bagi persoalan yang dihadapi masyarakat,” kata Politisi Golkar ini dalam siaran persnya, Jumat (8/2/2019).

Gagasan diperbolehkannya sepeda motor beroperasi di jalan tol selama ini memang datang dari Bamsoet. Dasar gagasan itu bersumber dari volume kendaraan roda dua di Indonesia yang mencapai 120 juta unit. Dengan masuk tol, akan memberikan akses mudah bagi pesepeda motor menempuh jalur cepat dari rumah dan ke tempat kerja. (Baca juga: Jalan Tol Khusus Sepeda Motor, Pentingkah?)



Bamsoet menekankan, pengelola jalan tol sepatutnya tidak hanya mengejar keuntungan semata. Mereka seyogyanya ikut memberi solusi terhadap kesulitan mayoritas masyarakat yang masih tinggal di pinggiran kota.

“Yang mereka hanya memiliki atau motor untuk bisa pulang pergi dari rumah ke tempat kerjanya dengan tingkat keselamatan dan kepastian waktu karena mudah diprediksi,” ujar Bamsoet.

Bamsoet menekankan untuk lebih menjamin kenyamanan pengguna jalur khusus motor roda dua, jika perlu motor gede (moge) dilarang masuk tol khusus motor pada hari-hari kerja. Moge cukup diizinkan untuk melalui jalur motor di jalan tol pada hari libur saja. Sedangkan pada hari kerja khusus sepeda motor bermesin kecil yang diizinkan. “Karena mereka berangkat kerja atau pulang kerja. Sedangkan moge biasanya hanya dipakai untuk keperluan rekreasi para penggemar di hari libur,” tandasnya. (Baca juga: 4 Alasan Anggota DPR Ini Dukung Sepeda Motor Masuk Tol)

Tito, menurut Bamsoet, dalam pertemuan tersebut memaparkan rencana jalan tol yang akan dibuka CMNP Group dalam waktu dekat ini. Pertama, jalan tol dalam kota sepanjang 11 km di Kota Medan menyusuri Talud Sungai Deli dari Maimoon sampai ke Binjai. Pembangunan dimulai Juni 2019 mendatang.

Kedua, CMNP Group juga akan membuka tol baru dengan fasilitas jalur khusus kendaraan roda dua di Bandung sepanjang 14 km. Dari Pasir Koja ke Pasopati yang segera dimulai pada Maret 2019.

Diketahui CMNP berdiri pada 13 April 1987. Perusahaan ini merupakan konsorsium, terdiri dari beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang infrastruktur, khususnya pengusahaan jalan tol dan bidang terkait lainnya.
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak