alexametrics

Arus Modal Asing ke Indonesia Capai Rp49,6 Triliun di Awal Februari

loading...
Arus Modal Asing ke Indonesia Capai Rp49,6 Triliun di Awal Februari
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto/SINDOnews/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Awal tahun 2019, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) semakin berotot. Pun demikian terhadap mata uang asing lainnya. Hal ini menjadi sinyal positif terhadap pasar. Modal asing pun mengalir deras di awal Februari 2019 dengan catatan sebesar Rp49,6 triliun.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengatakan aliran dana asing di bulan Februari ini lebih tinggi dibanding Januari 2019. Tambah dia, dana asing tersebut telah masuk ke pasar saham dan surat berharga negara (SBN) dengan intensitas cukup tinggi di awal tahun.

"Aliran modal asing ke Indonesia untuk year to date, selama tahun ini hingga 8 Februari, sebesar Rp49,6 triliun," ujar Perry di Jakarta, Jumat (7/2/2019).



Berdasarkan catatan bank sentral, jumlah dana Rp49,6 triliun itu terbagi atas surat berharga negara sebesar Rp32 triliun, untuk pasar modal mencapai Rp15 triliun, dan obligasi Rp2 triliun.

Menurut Perry, hampir semua aset kebanjiran dana asing. Hal ini karena kepercayaan investor terhadap Indonesia cukup kuat dipengaruhi oleh prospek ekonomi Indonesia yang akan lebih baik di 2019.

"Mereka confindent terhadap kebijakan ekonomi Indonesia, pemerintah dan BI. Mereka melihat ekonomi Indonesia akan naik dan terus masuk ke portofolio, ditengah kondisi global dan yang lainnya sedang tidak tinggi," paparnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak