Pengembangan UMKM Butuh Dukungan Pemerintah

Sabtu, 09 Februari 2019 - 10:08 WIB
Pengembangan UMKM Butuh Dukungan Pemerintah
Pengembangan UMKM Butuh Dukungan Pemerintah
A A A
PALEMBANG - Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) menjelajahi Kampung Pempek di Jalan Mujahiddin, 26 Ilir, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis malam (7/2).

Ditemani Sekjen Ahmad Rofiq, Wasekjen Donny Ferdiansyah, dan Ketua DPW Sumatera Selatan Febuar Rahman, HT menyantap nikmatnya pempek Palembang. Sambil mendengarkan cerita sang pemilik warung tentang usaha pempek yang sudah ditekuninya selama bertahun-tahun, HT memberikan saran dan motivasi bagi pelaku UMKM tersebut. “Dalam satu hari cukup banyak pengunjung, 12 jam kerja dan baru punya satu tempat, padahal omzetnya besar. Jadi, saya sarankan untuk buka di tempat lain,” ungkap HT.

Menurut dia, perlu peran pemerintah agar UMKM yang ada di Palembang bisa berkembang dan maju. Antara lain dengan memberikan kemudahan akses dana murah. “Bangun UMKM daerah. Berikan pembiayaan murah, pelatihan supaya berkembang, sehingga menciptakan lapangan kerja, omzet makin besar, ikut membangun ekonomi daerah,” tandasnya.

Kemudahan akses dana murah, kata HT, diberikan bagi UMKM potensial yang menekuni usahanya dengan serius dan tumbuh dengan baik. Adapun bagi UMKM yang baru merintis bisa diberikan berbagai pelatihan agar usahanya kian berkembang dan maju. “Misal pelatihan bagaimana melayani pelanggan dengan baik, bagaimana menjaga kualitas. Kualitas makanan, pelayanan, dan harga sangat dibutuhkan untuk menarik konsumen,” ungkapnya.

Pria yang juga Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia itu menambahkan, kebutuhan dan permasalahan UMKM di setiap daerah berbeda. Jadi setiap pihak perlu turun langsung untuk mengetahui permasalahan dan mencarikan solusi pengembangannya. “Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangun UMKM di daerah, kita harus tahu permasalahan masing-masing,” ujar HT yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur, itu.

Karena itu HT rajin blusukan, turun ke lapangan agar bisa memahami permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. “Saya berkunjung ke daerah sekaligus melihat kondisi di lapangan. Supaya realistis, tidak berteori. Kita tahu permasalahan daerah satu dengan daerah yang lain pasti berbeda,” ungkapnya.

Sementara itu sang pemilik warung berharap setelah kedatangan HT, usaha pempeknya bisa lebih maju lagi. “Harapannya, usaha ini bisa lebih berkembang lagi. Pak Hary datang, lebih maju lagi,” katanya.

3 Prioritas Perindo untuk Indonesia
Selain mengunjungi sejumlah UMKM, HT juga memberikan arahan dalam pembekalan dan konsolidasi partai untuk pemenangan Pemilu 2019. Dalam arahannya, HT mengungkapkan 3 prioritas Partai Perindo dalam membangun Indonesia ke depan.

Pertama, mempersempit kesenjangan. “Prioritas mempersempit kesenjangan kesejahteraan dan pembangunan ini adalah fokus utama,” tandasnya. Kedua, menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Karena Indonesia mengalami bonus demografi, kebutuhan lapangan kerja terus meningkat setiap tahunnya.

Cara menciptakan lapangan kerja baru adalah dengan menciptakan kelompok produktif baru. Kelompok produktif baru ini berasal dari masyarakat yang saat ini masih ketinggalan. Mereka diberi perlakuan khusus sehingga bisa menjadi anggota masyarakat yang produktif. “Satu bangsa bisa berkembang kalau pertumbuhan pemberi kerja lebih cepat daripada pencari kerja,” paparnya.

Ketiga, melalui sektor pendidikan. Pendidikan adalah salah satu sarana untuk meningkatkan produktivitas masyarakat. Dibutuhkan percepatan di sektor pendidikan sehingga bisa lebih banyak lagi masyarakat yang bisa tamat perguruan tinggi.

Misalnya dengan memberikan pinjaman tanpa bunga untuk mahasiswa. Pinjaman itu bisa dibayarkan setelah mereka bekerja nanti.

Percepatan peningkatan pendidikan, lanjut HT, penting sekali mengingat Indonesia mengalami bonus demografi. Dengan pertumbuhan pendidikan, masyarakat produktif bisa lebih banyak, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa bergerak antara 8% hingga 9%.

Seluruh caleg, menurutnya, harus turun dengan program yang tepat sasaran. Kerja militan, tetapi tidak akurat tidak akan membuahkan hasil. Selain itu, HT menekankan pentingnya kecepatan dan determinasi. “Determinasi keyakinan bahwa caleg akan mendapat suara banyak. Mental petarung, masuk ring tujuannya satu, menang,” ujarnya.

Kunjungan HT ke Palembang merupakan rangkaian dari kunjungan keliling Sumatera. Di hari yang sama, HT memberikan pembekalan di Medan, Sumatera Utara dan sebelumnya di Bandar Lampung, Lampung. Kedatangan HT dimaksudkan untuk memberikan pembekalan caleg guna memenangi pemilu di setiap dapil. Selain itu agar menjadi contoh bagi seluruh caleg untuk konsisten turun ke lapangan.

Dengan terjun langsung memberikan pembekalan kepada para caleg, HT ingin memastikan partai dan caleg memahami tugas masing-masing dan bisa bersinergi agar Partai Perindo meraih suara sebanyak-banyaknya dalam pesta demokrasi 2019. (Nugroho)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1033 seconds (0.1#10.140)