alexametrics

Pemerintah Perkuat Ekonomi Rakyat Melalui KUR Peternakan

loading...
Pemerintah Perkuat Ekonomi Rakyat Melalui KUR Peternakan
KUR Peternakan Rakyat diyakini semakin mendorong berkembangnya UMKM dan ekonomi rakyat di pedesaan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Sebagai upaya meningkatkan akses pembiayaan melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), pemerintah menyerahkan KUR khusus peternakan rakyat secara serentak di lima daerah, yang dipusatkan di Desa Pandesarin, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur.

"KUR peternakan rakyat merupakan perluasan jenis KUR yang dimaksudkan untuk menggerakkan sektor ekonomi tradisional di pedesaan yang dikelola oleh rakyat menunjukkan keperbihakan pemerintah terhadap UMKM," ujar Menko Perekonomian Darmin di Jakarta, Minggu (10/2/2019).

Dia mengatakan, momentum ini baik dalam mengoptimalisasi penyaluran KUR peternakan rakyat di Malang. Pasalnya, banyak jumlah peternak yang besar di daerah tersebut. "Di Malang karena memiliki jumlah peternak yang besar, sekaligus di dukung oleh peternakan yang luas dan subur," jelasnya.



Dia menambahkan, acara penyaluran KUR khusus peternakan ini juga dilaksanakan serentak di lima lokasi pendukung seperti di Sumba Timur, NTT, Magelang, Lampung, Sulawesi Selatan dan Garut. "Perayaan serentak ini bertujuan untuk mensosialisasikan KUR Peternakan Rakyat kepada seluruh masyarakat Indonesia," jelasnya.

Skema KUR perernakan yang ditetapkan oleh pemerintah terbukti membantu para peternak dalam mengakses pembiayaan untuk membantu permodalan. Tercatat sejak, 2015 hingga 2018, KUR peternak sudah dinikmati oleh 687.897 debitur dengan total plafon sebesar Rp14,4 triliun.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak