alexametrics

Rupiah Awal Pekan Dibuka Berbalik Tergelincir, Dolar Dekati Level Tertinggi

loading...
Rupiah Awal Pekan Dibuka Berbalik Tergelincir, Dolar Dekati Level Tertinggi
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan awal pekan, Senin (11/2/2019) dibuka berbalik tergelincir untuk mengiringi laju dolar yang mendekati level tertinggi. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan awal pekan, Senin (11/2/2019) dibuka berbalik tergelincir setelah akhir pekan kemarin masih menjaga tren positif. Mengawali perdagangan pekan ini, rupiah menyusut untuk mengiringi laju dolar yang mendekati level tertingginya terhadap mata uang utama lainnya.

Menurut kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah pagi ini dibuka tergelincir menjadi Rp13.995/USD. Posisi ini memperlihatkan rupiah tidak lebih baik dibandingkan posisi perdagangan Jumat, kemarin di level Rp13.992/USD.

Data Yahoo Finance menunjukkan rupiah pada sesi perdagangan pagi juga menyusut di level Rp14.010/USD dengan pergerakan harian Rp13.960 hingga Rp14.015/USD. Peringkat tersebut menjadi sinyal keterpurukan rupiah, setelah sebelumnya parkir di Rp13.960/USD.



Posisi rupiah melihat data Bloomberg, pada perdagangan spot exchange jatuh ke level Rp14.017/USD dibandingkan akhir pekan kemarin pada posisi Rp13.955/USD. Rupiah hari ini bergerak di kisaran Rp13.985-Rp14.017/USD.

Sementara, data SINDOnews bersumber dari Limas, rupiah bergerakan nyaman pada zona hijau dan masih berada di posisi Rp13.995/USD untuk terus memperlihatkan sinyal penguatan. Posisi ini bergerak mendatar dibandingkan penutupan akhir pekan sebelumnya.

Di sisi lain seperti dilansir Reuters, Dolar naik terhadap sebagian besar mata uang lainnya pada hari Senin, bertahan di dekat posisi tertinggi enam minggu karena kekhawatiran baru tentang ketegangan perdagangan Amerika Serikat dan China. Ditambah kondisi kecemasan kepada pertumbuhan global mendorong selera investor terhadap aset safe-haven.

Dolar menguat 0,1% versus Yen Jepang menjadi 109,82. Namun, pedagang memperkirakan pergerakan dalam dolar/yen akan lebih kecil pada hari Senin karena pasar Jepang tutup karena hari libur nasional. Indeks dolar yang mengukur nilainya versus enam mata uang utama, sedikit lebih tinggi di 96,64 atau berada dalam jalur kenaikan di hari kedelapan berturut-turut.

Sedangkan Euro sedikit lebih rendah versus greenback di 1,1322 terhadap USD dalam perdagangan awal Asia awal ketika Aussie (dolar Australia) lebih tinggi 0,15% menghadapi USD menjadi 0,7099, setelah pekan ini terkapar usai kehilangan 2,2%.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak