alexametrics

Sepanjang 2018, Sektor Pariwisata Diperkirakan Tumbuh 20%

loading...
Sepanjang 2018, Sektor Pariwisata Diperkirakan Tumbuh 20%
Menpar Arief Yahya seusai membuka Rakernas IV 2019 PHRI di Jakarta, Senin (11/2/2019). Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Sektor pariwisata Indonesia tumbuh menjadi salah satu sektor unggulan yang mampu berkontribusi positif sebagai penyumbang devisa negara. Sepanjang tahun 2018, diperkirakan terjadi peningkatan 20% atau senilai USD20 miliar, dibanding tahun 2017 yang senilai USD16,8 miliar di sektor pariwisata.

Tren peningkatan ini diyakini akan terus tumbuh jika seluruh komponen industri bisa saling berkolaborasi dalam membangun pariwisata Indonesia secara berkelanjutan.

"Terkait dengan itu, pemerintah akan selalu mendukung serta mendorong asosiasi, ataupun organisasi seperti PHRI untuk terus mendukung pencapaian pemerintah di sektor pariwisata," ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat membuka Rakernas IV Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) tahun 2019, di Jakarta, Senin (11/2/2019).(Baca Juga: Peran Besar Pelaku Industri Hotel dan Restoran Capai Target Kunjungan Wisman)
Sementara itu, Ketua Umum PHRI Hariyadi BS Sukamdani menjelaskan, pihaknya tentunya akan terus mendukung program pemerintah. "Kami dengan segenap jaringan dan pengalaman yang ada akan membuat PHRI sebagai perhimpunan yang berisi pemain-pemain perhotelan yang profesional dapat menciptakan kualitas akomodasi dan restoran Indonesia memiliki kelas di tataran regional," tegas Hariyadi.



Rakernas tersebut digelar bersamaan dengan peringatan HUT ke-50 PHRI. Dalam rangkaian peringatan HUT tersebut, PHRI juga melangsungkan "Anugerah PHRI" yang merupakan ajang penghargaan bagi para anggota hotel dan restoran yang dinilai mampu memberikan kontribusi langsung pada sektor pariwisata.

Terdapat 11 kategori penghargaan dimana 8 penghargaan untuk Hotel: The Best Resort Hotel, The Best City Hotel, The Best Affordable Hotel, The Best 1 Star Hotel, The Best 2 Star Hotel, The Best 3 Star Hotel, The Best 4 Star Hotel, The Best 5 Star Hotel; dan 3 penghargaan untuk Restoran: The Best Nusantara Restaurant, The Best Oriental Restaurant, The Best Continental Restaurant. Selain 11 penghargaan, dalam Anugerah PHRI juga diberikan 3 Special Recognition untuk: Wellness Resort, Moslem Friendly Hotel, dan Bahari Restaurant.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak