alexametrics

Hadiri Forum Bisnis di India, Mendag Akan Promosikan Sawit

loading...
Hadiri Forum Bisnis di India, Mendag Akan Promosikan Sawit
Mendag Enggartiasto Lukita akan mempromosikan sawit Indonesia di forum bisnis di India. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita bakal bertolak ke India untuk menghadiri forum perdagangan internasional. Forum perdagangan ini akan dihadiri oleh sejumlah menteri perdagangan negara-negara ASEAN.

Di forum ini, kata Enggar, dirinya akan mempromosikan industri sawit Indonesia untuk meningkatkan ekspor ke India. Ekspor sawit Indonesia, tegas dia, memiliki potensi besar untuk ditingkatkan.

"Kita ada sesuatu kegiatan yang mana mengundang menteri (perdagangan) ASEAN, semacam bisnis forumlah, tanggal 21 Februari nanti. Sawit juga akan kita bahas," ujar Enggar di Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/2/2019).



Saat ini, ekspor sawit Indonesia ke India dikenai tarif impor sebesar 7,5% hingga 15% dan tarif untuk produk turunan sawit sebesar 15% sampai 25%. Sementara, ekspor nonmigas Indonesia ke India tahun lalu tercatat senilai USD13,94 miliar, sedangkan impor nonmigas di angka USD3,7 miliar. Artinya, Indonesia mengalami suprlus perdagangan sebesar USD10,24 miliar.

Berdasarkan data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), ekspor minyak sawit mentah (CPO) ke India tercatat sebesar 7,63 juta ton, naik 32,01% dari tahun sebelumnya yang sebesar 5,78 juta ton. Angka ekspor itu mencapai 24,05% dari total ekspor CPO Indonesia yang sebesar 31,05 juta ton.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak