alexametrics

Pertumbuhan Ekonomi Inggris Paling Lambat sejak 2012

loading...
Pertumbuhan Ekonomi Inggris Paling Lambat sejak 2012
Ekonomi Inggris tumbuh melambat pada level tahunan paling parah dalam enam tahun sepanjang 2018, lalu setelah terjadi kontraksi tajam di bukan Desember. Foto/Ilustrasi
A+ A-
LONDON - Ekonomi Inggris tumbuh melambat pada level tahunan paling parah dalam enam tahun sepanjang 2018, lalu setelah terjadi kontraksi tajam di bukan Desember. Tercatat pertumbuhan ekonomi Inggris di 2018 mencapai 1,4% atau lebih rendah dari 1,8% pada 2017 dan menyentuh level terendah sejak 2012 berdasarkan data resmi Kantor Statistik Nasional (ONS).

Seperti dilansir BBC, ONS menyalahkan penurunan output pabrik dan produksi mobil untuk perlambatan yang menimpa ekonomi Inggris, di antara faktor-faktor lainnya. Kondisi ini mengikuti prediksi sebelumnya yang menerangkan perlambatan Negeri Ratu Elizabeth bakal terus berlajut di 2019 seiring ketidakpastian negosiasi Brexit dan pelemahan ekonomi global.

Menurut ONS, pertumbuhan triwulanan juga melambat, dimana turun menjadi 0,2% dalam tiga bulan hingga Desember 2018. Raihan tersebut lebih rendah dari 0,6% dalam tiga bulan hingga September. Namun, Menteri Keuangan Inggris Philip Hammond mengatakan, data menunjukkan ekonomi tetap "kuat secara fundamental" dan Ia menegaskan belum melihat ada sinyal akan terjadi krisis.



Sementara itu mata uang Inggris, Poundsterling turun sepertiga sen menjadi di bawah 1,29 terhadap USD setelah kabar tersebut. "PDB melambat dalam tiga bulan terakhir tahun ini dengan produsen mobil dan produk baja mengalami penurunan tajam dan konstruksi juga menurun. Namun, layanan terus tumbuh dengan sektor kesehatan, konsultan manajemen, dan semuanya berjalan baik," ujar Kepala PDB dari ONS Rob Kent-Smith.

ONS mengatakan angka-angka tersebut mencerminkan perlambatan di sejumlah industri, karena kekhawatiran terkait Brexit membebani keputusan pengeluaran bisnis. Pada kuartal terakhir tahun lalu, manufaktur mobil menurun pada tingkat tertajam hanya di bawah satu dekade, yakni tergelincir 4,9%. Konstruksi turun 0,3% sementara investasi bisnis turun 1,4%.

Sementara sektor jasa dominan Inggris terus berkembang, pertumbuhan melambat menjadi 0,4% setelah kinerja yang kuat selama musim panas. Angka pertumbuhan 1,4% untuk 2018 adalah yang terendah sejak 2012, ketika ekonomi juga tumbuh sebesar 1,4%. Terakhir kali ekonomi berperforma lebih buruk dari ini adalah pada tahun 2009.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak