Indonesia Siap Ekspor Kendaraan Jadi ke Amerika Selatan

Rabu, 13 Februari 2019 - 05:26 WIB
Indonesia Siap Ekspor Kendaraan Jadi ke Amerika Selatan
Indonesia Siap Ekspor Kendaraan Jadi ke Amerika Selatan
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan melakukan penyederhanaan aturan ekspor kendaraan bermotor dalam keadaan jadi (completely built up/CBU), demi memperluas wilayah ekspor kendaraan ke beberapa negara.

Hal ini seiring dengan langkah Kementerian Perindustrian yang ingin melakukan ekspor kendaraan bermotor CBU ke negara-negara Amerika Selatan, karena wilayah ini memiliki potensi yang besar.

"Kita ingin mengekspor kendaraan jadi ke Amerika Latin dan beberapa negara lainnya, dan jumlahnya sebesar 400 ribu unit untuk ekspor," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Airlangga menerangkan, untuk mencapai target ini, pihaknya terus berupaya meningkatkan investasi dan memperluas pasar ekspor untuk industri otomotif nasional. Sehingga diperlukan fasilitas insentif fiskal guna memacu produksi kendaran yang sesuai selera konsumen global.

Harapannya, Indonesia bisa mendorong peningkatan ekspor mobil jenis sedan ke Amerika Selatan.

Dan lanjut dia, apabila upaya-upaya tersebut terealisasi, akan mendongkrak produksi mobil di Indonesia mencapai 2 juta unit per tahun.

"Jadi, dalam waktu 2-3 tahun bisa dipercepat ekspornya. Tentunya kita mengharapkan industri-industri semacam ini terus kita dorong," ungkapnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4790 seconds (0.1#10.140)