alexametrics

Harga Minyak Dunia Menanjak Saat OPEC Komitmen Pangkas Pasokan

loading...
Harga Minyak Dunia Menanjak Saat OPEC Komitmen Pangkas Pasokan
Harga minyak mentah dunia terus menanjak naik hingga awal perdagangan, Rabu (13/2/2019) setelah OPEC komitmen dalam kebijakan pemangkasan pasokan di awal tahun ini. Foto/Ilustrasi
A+ A-
SINGAPURA - Harga minyak mentah dunia terus menanjak naik hingga awal perdagangan, Rabu (13/2/2019) setelah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Dunia (OPEC) menegaskan komitmen dalam kebijakan pemangkasan pasokan di awal tahun ini. Sentimen lainnya datang ketika sanksi Amerika Serikat (AS) menghantam ekspor minyak Venezuela.

Seperti dilansir Reuters hari ini, harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan pada posisi USD53,60 per barel atau meningkat 50 sen yang setara dengan 0,9% dibandingkan penutupan terakhir. Sementara harga minyak mentah Brent yang menjadi patokan Internasional lebih tinggi sebesar 0,8% atau 51 sen menjadi USD62,93 per barel.

Jeffrey Halley, analis pasar senior di pialang berjangka OANDA di Singapura, mengatakan harga minyak didorong setelah "Arab Saudi mengumumkan bakal memangkas produksi harian dan ekspor dengan tambahan 500.000 barel per hari (bph) di atas pengurangan kuota OPEC yang disepakati".



OPEC yang dipimpin Arab Saudi secara de-facto sebagai pengekspor minyak mentah utama dunia, mengatakan pada hari Selasa kemarin bahwa mereka telah memangkas produksinya hampir 800.000 barel per hari pada periode Januari 2019 menjadi 30,81 juta barel per hari. Masalah pasokan di Venezuela, yang merupakan anggota OPEC lainnya, juga mendorong harga minyak.

Hal tersebut setelah Washington menerapkan sanksi ekspor minyak bumi terhadap perusahaan energi milik Venezuela. Meskipun terjadi perpecahan politik antara Venezuela dan Amerika Serikat, penyuling AS sebelumnya adalah beberapa pembeli minyak mentah terbesar Venezuela. Akhirnya Venezuela telah mencoba mencari pelanggan alternatif, terutama di Asia, tetapi di bawah tekanan A.S.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak