alexametrics

IHSG Sesi Pagi Dibuka Balik Menguat, Bursa Asia Variatif

loading...
IHSG Sesi Pagi Dibuka Balik Menguat, Bursa Asia Variatif
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal perdagangan, Kamis (14/2/2019) dibuka balik menguat setelah kemarin sempat terperosok cukup dalam. Foto/Ilustrasi
A+ A-
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal perdagangan, Kamis (14/2/2019) dibuka balik menguat setelah kemarin sempat terperosok cukup dalam. Pagi ini menjelang akhir pekan, IHSG menghentikan tren negatif dengan tambahan 11,67 poin menjadi 6.430,78.

Sementara kemarin, IHSG memerah pada akhir sesi perdagangan, Rabu (13/2) setelah dalam dua sesi sebelumnya merayap naik di zona hijau. Pada sesi penutupan, IHSG berbalik melemah usai kehilangan 7,21 poin atau 0,11% ke posisi 6.419,12.

Pada hari ini, sektor saham dalam negeri terlihat berada dalam jalur positif dipimpin aneka industri melompat hingga 0,67% serta perdagangan meningkat 0,27%. Sedangkan pelemahan terdalam menimpa industri dasar usai jatuh 0,34%.



Adapun nilai transaksi pada bursa Indonesia tercatat sebesar Rp78 miliar dengan 173 juta saham diperdagangkan pada sesi pagi dan transaksi bersih asing Rp1,73 miliar dengan aksi jual asing sebesar Rp23,31 miliar dan aksi beli asing mencapai Rp25,05 miliar. Tercatat 110 saham naik, 20 saham turun dan 99 saham stagnan.

Beberapa saham yang menguat di antaranya PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) naik Rp100 menjadi Rp7.550, PT Astra International Tbk. (ASII) bertambah Rp75 menjadi Rp7.750 dan PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) meningkat Rp50 menjadi Rp5.500.

Saham lainnya yang melemah yakni PT Gudang Garam Tbk. (GGRM) turun Rp875 menjadi Rp81.700, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menyusut Rp100 ke posisi Rp27.000 serta PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. (INKP) jatuh Rp100 menjadi Rp12.525.

Di sisi lain pasar saham utama Asia lainnya bergerak hati-hati dengan kecenderungan lebih rendah mengawali perdagangan hari menjelang akhir pekan, saat pembicaraan perdagangan tingkat tinggi antara AS dan China sedang berlangsung di Beijing. Saham di Asia diperdagangkan hati-hati pada Kamis pagi karena investor mencari kemajuan dalam perselisihan dagangan yang telah berlangsung selama berbulan-bulan.

Ada optimisme dari laporan yang mengatakan bahwa Presiden China Xi Jinping "dijadwalkan bertemu" dengan anggota tingkat tinggi dari delegasi A.S pekan ini di Beijing. Sentimen itu menjadikan pasar saham daratan China variatif pada awal perdagangan. Komposit Shanghai tergelincir perlahan sementara di sisi lain komposit Shenzhen naik 0,112%.

Sementara itu indeks Hang Seng di Hong Kong turun hingga 0,4%. Indeks Nikkei Jepang justru meningkat 0,17% saat Topix mendapatkan tambahan sebesar 0,15% dalam perdagangan pagi. Saham Fast Retailing, perusahaan di belakang ritel toko pakaian Uniqlo, pulih dari kerugian sebelumnya untuk mencetak peningkatan sekitar 0,9% dan menjadi pendorong.

Bursa patokan Australia ASX 200 naik lebih dari 0,1% meskipun subindeks keuangan sangat tertekan usai tergelincir hampir 0,5%. Saham-saham yang biasa disebut bank Big Four diperdagangkan turun: Grup Perbankan Australia dan Selandia Baru, National Australia Bank, dan Westpac semuanya tergelincir sedikit sementara Commonwealth Bank of Australia merosot 0,72%. Selanjutnya indeks Kospi di Korea Selatan tergelincir 0,36%.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak