Menko Darmin: Harga Beras di Indonesia Enggak Mahal!

Jum'at, 15 Februari 2019 - 15:59 WIB
Menko Darmin: Harga Beras di Indonesia Enggak Mahal!
Menko Darmin: Harga Beras di Indonesia Enggak Mahal!
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution membantah pernyataan Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto yang menyebut harga beras dan daging sapi di Indonesia salah satu yang tertinggi di dunia.

Darmin mengatakan, harga beras di Indonesia masih murah dan di kisaran harga yang normal. Di tingkat eceran atau ritel, jelas dia, harga beras lokal dijual sesuai dengan patokan harga yang sudah ditetapkan pemerintah agar tidak membebani rakyat.

"Harga kalau di ritel siapa bilang kita termahal? Kan kita sudah hitung dan ini enggak terlalu mahal," tegas Darmin di, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Dia membandingkan harga beras di tingkat ritel di Jepang. Di Negeri Matahari Terbit itu, kata dia, harga berasnya bisa tiga kali lipat dibandingkan harga di Indonesia. "Coba saja beli beras di Jepang, kalau enggak harganya dua kali-tiga kali lipat dari kita, dia yang mahal," cetusnya.

Namun, sambung dia, jika dibandingkan dengan harga di Thailand, beras di Negeri Gajah Putih itu masih lebih murah dibandingkan Indonesia. "Untuk perdagangan internasional, memang harga di Thailand itu murah. Tapi ya itu hanya ada di internasionalnya," tandasnya.

Sebelumnya, Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto di Blora, Jawa Tengah, menyebutkan bahwa harga beras, daging dan daging ayam di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Jika berkuasa, Prabowo berjanji akan memperbaiki kondisi tersebut.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3918 seconds (0.1#10.140)