Perkuat Sub Holding Gas, Sinergi PGN-Pertagas Bisa Raup USD132 Juta

Sabtu, 16 Februari 2019 - 18:05 WIB
Perkuat Sub Holding Gas, Sinergi PGN-Pertagas Bisa Raup USD132 Juta
Perkuat Sub Holding Gas, Sinergi PGN-Pertagas Bisa Raup USD132 Juta
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dengan PT Pertamina Gas (Pertagas) yang bersinergi menjadi sub holding gas bakal menggarap beberapa program tahun ini, antara lain membuat sambungan rumah tangga (SRT) baru sebanyak 4,7 juta, pipa hilir sepanjang 6.302 km, dan pipa hulu sepanjang 5.437 km. Direktur Utama PGN Gigih Prakoso mengatakan, sinergi ini akan menguntungkan karena ongkos operasional bisa ditekan.

"Dari sisi keuangan, integrasi Pertagas di bawah PGN akan menuai benefit. Berdasarkan hitung-hitungan, pembentukan Sub Holding Gas akan memberikan benefit sebesar USD77 juta, bahkan pada tahun 2022 benefit itu bisa membesar hingga USD132 juta," ujar Gigih Prakoso di Indonesia Convention Exhibition, Sabtu (16/2/2019).

Hal ini lantaran pengelolaan infrastruktur gas dalam rantai distribusi dan transmisi akan dilakukan oleh sub holding gas, sehingga dapat menghapus kebijakan maupun strategi tumpang tindih antar anak usaha milik negara. Beberapa program yang menjadi target tahun ini yakni target niaga gas bumi sebesar 936BBTUD, jumlah pelanggan 364.808. Selain itu panjang jaringan pipa sepanjang 10.547 km dan transportasi gas bumi sebanyak 2.189 MMScfd.

Sementara PGN bersama Pertagas yang telah bergabung dalam sub holding gas baru saja meluncurkan brand association yang diberi nama The Gas. Hal itu sebagai gambaran dunia gas bumi yang telah diproduksi di dalam perut bumi jutaan tahun silam. Adapun dalam dunia The Gas tersebut diimajinasikan hidup makhluk-makhluk bernama Pepe, Gege, dan Eenyang yang merupakan personifikasi dari molekul-molekul gas bumi.

Pepe, Gege, dan Een adalah 3 karakter dari The Gas World yang muncul ke dunia nyata mewakili PGN sebagai korporasi. Sambung Gigih menerangkan, Pepe yang berwarna kuning, mewakili infrastruktur pipa yang sudah dibangun oleh PGN. Warna kuning ini juga menggambarkan karakter PGN dan para pekerjanya yang bekerja keras di lapangan. "Menggambarkan pekerja untuk dapat mengantarkan energi baik di seluruh Indonesia," katanya

Sedangkan Gege berukuran paling besar ini, berwarna biru sebagai representasi dari korporasi PGN, sebagai perusahaan yang memiliki visi dan misi yang inovatif dan strategis dalam setiap kebijakannya. Selanjutnya Een yang berwarna orange mewakili warna safety, yang merupakan representasi dari karakter PGN sebagai perusahaan yang mengutamakan keselamatan dan selalu bertindak atas dasar perhitungan yang matang.

"Dunia The Gas diharapkan dapat merepresentasikan sinergi baru PGN dan Pertagas untuk menjadi perusahaan gas terbesar yang menyalurkan energi baiknya untuk tanah air," tutupnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4392 seconds (0.1#10.140)