alexametrics

Debat Calon Presiden

Jokowi Bakal Tingkatkan Potensi Laut, Prabowo Pilih Bentuk BUMN Khusus Perikanan

loading...
Jokowi Bakal Tingkatkan Potensi Laut, Prabowo Pilih Bentuk BUMN Khusus Perikanan
Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo dan Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A+ A-
JAKARTA - Isu kemaritiman menjadi salah satu topik di Debat Calon Presiden edisi kedua yang mengusung tema "Energi, Pangan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Infrastruktur." Revolusi Industri 4.0, Jokowi: Petani Sudah Berbisnis Online

Terkait ini, Presiden petahana sekaligus Calon Presidne Nomor Urut 01, Joko Widodo berikhtiar terus memanfaatkan potensi laut uang menjadi nilai tambah ekonomi Indonesia. Salah satunya adalah mencegah illegal fishing agar tidak merugikan nelayan.

"Laut adalah masa depan ekonomi Indonesia. Selama 4 tahun ini, kita mengejar 7.000 illegal fishing di perairan kita, 488 kapal sudah kita tenggelamkan dan ini menjadi kesempatan nelayan kita untuk memanfatkan sumber daya alam kita, terutama ikan agar mereka lebih sejahtera," papar Jokowi di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2/2019).



Sambung Jokowi, pihaknya juga akan memanfaatkan ladang minyak di laut yang akan memberikan pendapatan ekonomi. Ladang minyak di laut punya potensi besar untuk memajukan ekonomi Indonesia.

"Minyak kita belum terekspolorasi dari laut kita. Jadi kita dorong ladang minyak untuk memberikan pendapatan yang banyak bagi negara dan kedepan perlu infratsruktur kita benahi seperti tol laut yang kita kerjakan di Indonesia bagian timur. Konektifitas tol laut harus konsisten agar laut memberikan manfaat kepada rakyat," katanya.

Sedangkan, Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto punya ide dalam memanfatakan potensi kemaritiman. Salah satunya adalah membentuk BUMN khusus perikanan agar membantu nelayan dalam memproduksi ikan.

"Nelayan yang miskin enggak punya akses teknologi kapal dan modal. Juga peraturan yang membatasi nelayan kecil untuk melaut dan melaksanakan pekerjaannya. Strategi kami ingin menghadirkan BUMN khusus untuk laut dan perikanan dan mengorganisasi nelayan agar diberikan alat, modal dan prasarana dalam pengolahan perikanan," katanya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak