alexametrics

Ciptakan Lebih Banyak Unicorn, Ini yang Disiapkan Pemerintah

loading...
Ciptakan Lebih Banyak Unicorn, Ini yang Disiapkan Pemerintah
Menkeu Sri Mulyani menegaskan pemerintah menyiapkan anggaran R&D untuk mendorong perkembangan startup di dalam negeri. Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Industri usaha rintisan (startup) di Indonesia kian berkembang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah menegaskan bahwa pemerintah terus mendukung pengembangan startup untuk melahirkan lebih banyak unicorn di Indonesia.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, arahan presiden untuk meningkatkan kemajuan startup di Indonesia tersebut akan ditindaklanjuti oleh kementerian-kementerian terkait.

"Policy presiden dalam mendukung unicorn itu sifatnya hulu, yaitu menyiapkan dari sisi kualitas sumber daya manusia (SDM)," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Senin (18/2/2019).



Dia menjelaskan, dalam hal ini pemerintah akan membuat suatu program pendidikan untuk mendorong inovasi di tengah masyarakat guna meningkatkan perusahaan startup di Indonesia. Salah satunya, dengan memberikan instruksi ke perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk membuat kurikulum yang mendukung pengembangan startup.

"Kami akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan membuat kurikulum jadi pionir. Investasi bidang SDM jadi prioritasnya. Jadi bagaimana kita bekerja sama dengan universitas-universitas dalam mendorong kualitas SDM ini," jelasnya.

Terkait dengan itu, Menkeu menyebutkan bahwa pemerintah juga akan menyiapkan anggaran untuk mahasiswa atau masyarakat untuk melaksanakan kegiatan riset dan pengembangan (research and development).

Kementerian Keuangan, kata dia, akan bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam menyusun anggaran untuk program startup.

"Kami akan membantu research and development, kita merintis bagaimana mengidentifikasi anggaran research, siapa yang melakukan, jadi ada keberpihakan dalam anggaran pendidikan," jelasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak