alexametrics

Jokowi Ingin Menuju B100, Menteri Rini: Tiga Tahun Lagi

loading...
Jokowi Ingin Menuju B100, Menteri Rini: Tiga Tahun Lagi
Menteri BUMN Rini Soemarno menanggapi pernyataan Presiden Jokowi dalam debat calon presiden (capres) dimana ingin Indonesia bisa menggunakan biodiesel 100%. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam debat calon presiden (capres) yang digelar semalam, dimana ingin Indonesia bisa menggunakan biodiesel 100% atau B100. Mengomentari hal itu, Menteri Rini mengatakan hal tersebut akan bisa dilakukan pada tiga tahun mendatang.

"Tiga tahun dari sekarangan bisa B100, cuma masalahnya apakah sudah penuh semua mungkin belum bisa. Jadi untuk menggantikan full solar menurut saya masih makan waktu. Jadi kalau belum bisa menggantikan full solar semua mungkin kita bikin full-nya B50, bukan B100," katanya di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2019).

Sambung dia menerangkan, pihaknya sudah menyiapkan langkah untuk bisa menerapkan B100, dengan melihat penerapan teknologi di beberapa negara. Salah satunya di Italia yang mempunyai teknologi yang mampu mengolah crude palm oil menjadi bahan bakar terbarukan



Dari kunjungan itu diketahui perusahaan minyak asal Italia yakni ENI ternyata membeli CPO dari Indonesia dan mengolahnya menjadi B100. "Kita melihat teknologi dari ENI, ENI itu perusahaan minyak Italia yang ternyata mereka itu selama ini beli CPO dari Indonesia yang mereka proses menjadi B100," ujarnya.

Setelah kunjungan itu, PT Pertamina (Persero) kemudian meneken perjanjian kerja sama untuk mengembangkan kilang hijau. Kilang itu nantinya akan memproduksi B100. Namun, dia bilang, secara bertahap akan memproduksi B50 terlebih dahulu.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak