alexametrics

Gubernur BI Beri Sinyal Bakal Menjaga Tren Suku Bunga Stabil

loading...
Gubernur BI Beri Sinyal Bakal Menjaga Tren Suku Bunga Stabil
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menerangkan, bakal menjaga tren suku bunga acuan alias BI 7-Day Reverse Repo Rate dalam tren yang stabil ke depannya. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menerangkan, bakal menjaga suku bunga acuan alias BI 7-Day Reverse Repo Rate dalam tren yang stabil ke depannya. Hal ini menjadi tanda, bahwa BI Repo Rate akan terus ditahan pada posisi 6% seperti yang diputuskan hari ini dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI.

"Belum ada arahan untuk ke sana, tapi yang pasti dengan mempertahankan suku bunga ini adalah bagian menjaga fikal untuk menjaga domestik dan pemerintah terus kuat," ujar Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Seperti diketahui BI juga menahan suku bunga deposit facility pada angka 5,25% dan lending facility di level 6,75%. Sambung dia menerangkan, keputusan menahan suku bunga dengan mempertimbangkan sebagai upaya menjaga ketahanan sektor rill dan untuk mendorong ekspor termasuk kebijakan ekspor Industri 4.0.



"Kita sudah melihat dan mempertimbangkannya dalam prosedur dan pemberian tax holiday dan koordinasi dengan bank pemerintah, sektor pariwisata hingga program B20," paparnya.

Lanjut Perry menerangkan, keputusan menjaga suku bunga juga untuk mempertahankan daya tarik aset keuangan domestik. Baik secara rate maupun suku bunga secara nominal. "Jadi aliran modal masuk akan terus berjalan sehingga stabilitas ekternal bisa diukur kondisi neraca pembayaran Indonesia," tandasnya.
(akr)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak