Dolar AS Naik Merespon Negosiasi Dagang AS-China dan Brexit

Jum'at, 22 Februari 2019 - 06:31 WIB
Dolar AS Naik Merespon Negosiasi Dagang AS-China dan Brexit
Dolar AS Naik Merespon Negosiasi Dagang AS-China dan Brexit
A A A
WASHINGTON - Dolar Amerika Serikat (USD) berhasil pulih pada penutupan dagang Kamis waktu setempat. Naiknya USD karena investor mencermati perkembangan dari negosiasi dagang AS dengan China dan pembicaraan Brexit. Investor berharap kemajuan negosiasi memberi insentif baru dalam perdagangan.

Sebelumnya, USD diperdagangkan melemah akibat turunnya data ekonomi AS. Indeks pembelian manufaktur AS bulan Februari jatuh ke level 53,7, lebih rendah dari Januari sebesar 54,9. Hasil Februari menjadi level terburuk sejak Mei 2016.

Melansir dari Reuters, Jumat (22/2/2019), indeks USD terhadap enam mata uang utama, naik 0,16% menjadi 96,61. Hasil ini membuat USD naik 0,03% menjadi USD1,1337. Namun USD melemah 0,14% terhadap yen Jepang ke level 110,69 yen.

"Data ekonomi AS yang lemah sebelumnya mendorong dolar lebih rendah. Tapi langkah itu selesai. Karena investor berharap pada peristiwa pekan ini, yaitu perkembangan pembicaraan dagang AS dengan China, serta negosiasi Brexit," ujar John Doyle, wakil presiden bidang perdagangan di Tempus, Washington.

Menurut Doyle, investor berharap kemajuan pembicaraan dagang bisa memberi insentif baru. Pasalnya, sehati sebelumnya, risalah The Fed memberi sinyal bahwa bank sentral tetap akan mempertahankan suku bunga. Meminta para investor bersabar di tengah perlambatan ekonomi global.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7727 seconds (0.1#10.140)