alexametrics

Sri Mulyani: Penerapan BLU Bukan Cari Untung

loading...
Sri Mulyani: Penerapan BLU Bukan Cari Untung
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/SINDOnews/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Keuangan terus memperbaiki bisnis Badan Layanan Umum (BLU). Dalam memperbaikii BLU ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan pihaknya tidak ingin mencari keuntungan.

BLU merupakan suatu instansi yang dimiliki pemerintah yang berfungsi melayani masyarakat sama halnya seperti rumah sakit negeri, universitas negeri, hingga bandara.

"BLU bukan entitias mencari keuntungan meski pendapatan kita di 2018 mencapai 128% dari targetnya. Walaupun dapat, itu tidak berarti BLU kejar-kejaran cari keuntungan karena BLU didesain untuk pelayanan," terang Sri Mulyani di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).



Selama 2018, realisasi pendapatan BLU mencapai Rp 55,4 triliun, mencapai 128% dari target dalam APBN yang sebesar Rp43,3 triliun. Realisasi pendapatan BLU tersebut juga meningkat jika dibandingkan dengan realisasi 2017 yang sebesar Rp47,3 triliun.

Perempuan yang akrab disapa Ani ini, menjelaskan BLU harus memiliki kriteria antara korporasi dan entrepreneurial. Artinya, BLU ‚Äétetap mencari pendapatan, tetapi harus melayani masyarakat dengan pelayanan yang tinggi.

"Jadi tingkah lakunya seperti korporat tetapi tujuan utama sebesar-besarnya adalah melayani masyarakat," terang dia.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak