alexametrics

Penerapan BLU Bisa Tingkatkan Gaji Pegawai

loading...
Penerapan BLU Bisa Tingkatkan Gaji Pegawai
Menteri ESDM Ignasius Jonan. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Energi Sumber dan Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, optimistis bahwa penerapann Badan Layanan Umum (BLU) dapat mendongkrak penghasilan pegawai di Kementerian ESDM.

Optimisme tersebut berdasarkan pengalamannya saat menjabat Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI). Saat menjabat, Jonan menceritakan BLU bisa meningkatkan gaji beberapa karyawan di KAI. Salah satu caranya dengan meningkatkan kinerja dan pelayanan agar bisa meningkatkan pendapatan.

"Waktu saya ditugaskan di kereta api, semua teman-temen saya bilang ini amat sulit dibenahi, karena 80% pegawai tetapnya aparatur negara, ada yang sipil dan non spil. Saya bilang, sudah kita coba aja. Salah satu yang diubah adalah tunjangan kinerja," ujar Jonan di Jakarta, Selasa (26/2/2019).



Dia pun mencontohkan gaji dari kepala stasiun yang saat itu masih rendah, sekitar 3 juta. Untuk itu, dia mengubah dengan meningkatkan pendapatan stasiun dari karcis parkir.

"Untuk itu strukturnya diubah, melalui layanan itu sendiri, melalui BLU. Maka sekarang, kepala stasiun, take home pay-nya bisa Rp27,5 juta per bulan. Naik hampir 10 kali lipat. Kemudian pendapatan dari karcis parkir itu bisa mencapai Rp100 juta per hari," katanya.

Dengan peningkatan pelayanan maka akan meningkatkan pendapatan. Karena itu, Jonan menegaskan akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan pula.

"Ini yang saya selalu katakan, bagaimana melayani masyarakat dengan baik. Melalui BLU, kita bisa memberikan pelayanan maksimal dan memberikan kesejahteraan kepada karyawan," jelasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak