alexametrics

BTPN Ekspansi Aplikasi Jenius Hingga Medan

loading...
BTPN Ekspansi Aplikasi Jenius Hingga Medan
PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) melanjutkan ekspansi layanan aplikasi life finance, Jenius ke Kota Medan setelah sebelumnya menyasar ke Malang. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) melanjutkan ekspansi layanan aplikasi life finance, Jenius ke Kota Medan setelah sebelumnya menyasar ke Malang. Pemilihan Medan sebagai salah satu wilayah ekspansi Jenius adalah karena posisinya sebagai kota metropolitan.

Value Proposition & Product Head, Deputy Head of Digital Banking BTPN, Irwan Sutjipto Tisnabudi mengatakan sambutan di kota Malang sangat menggembirakan. Sementara respons masyarakat Medan belum diketahui, lantaran baru saja diresmikan.

“Justru di kota tingkat dua dan tiga layanan Jenius sangat dibutuhkan karena kendala akses transportasi. Namun untuk jumlah transaksi masih didominasi di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya,” ujar Irwan di Jakarta, Selasa (26/2/2019).



Sambung dia mengutarakan, perseroan melihat pengembangan infrastruktur yang cukup baik di Medan menjadi alasan selanjutnya ketika masyarakatnya melek digital atau digital savvy. “Bagi daerah lainnya sudah bisa mengakses Jenius dengan mendownload aplikasinya dan mendatangi kantor jaringan kami untuk administrasinya KYC. Sehingga sebenarnya tidak ada masalah,” ujarnya.

Dia meyakini beberapa fitur dalam Jenius akan membantu masyarakat digital savvy dalam mengatur finansial, seperti tabungan, transaksi, dan pengelolaan rekening dengan mudah melalui smartphone.“Fitur send it yang dapat digunakan untuk mengirimkan uang dan membayar tagihan telepon, kartu kredit, e-commerce, internet televisi berlangganan, transportasi, dan isi pulsa melalui smartphone,” sambung Irwan.

Fitur lainnya yang dimiliki Jenius adalah $Cashtag, yaitu fitur yang memberikan pilihan bagi pengguna dalam mengingat dan memberikan informasi nomor rekening ke pihak lain dengan lebih mudah.

“Jenius juga memberikan kemudahan kepada pengguna dalam melakukan pengklasifikasian jenis transaksi finansial melalui fitur in and out. Pengguna dapat mengunduh catatan transaksi finansial yang dilakukan di Jenius melalui fitur e-statement yang dapat dibagikan melalui e-mail, SMS, atau aplikasi chatting,” lanjutnya.

Inovasi terbaru yang dilakukan adalah mengumpulkan banyak cerita pengalaman masyarakat melek digital atau digital savvy dalam memanfaatkan berbagai inovasi dari Jenius. Beragam cerita tersebut dirangkum dalam program #hari2jenius untuk solusi life finance yang semakin lengkap di lndonesia.

Dalam program kolaborasi yang dikembangkan Jenius berhasil meluncurkan inovasi terbarunya yaitu Jenius Keyboard dan bilIer PLN. Ini akan memudahkan digital savvy bertransaksi untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

Gaya hidup masyarakat melek digital atau digital savvy di Indonesia begitu dinamis dan terus berkembang. Mengutip Jenius Financial Study: Indonesia Digital Savvy Behavior 2019 bersama Nielsen, rata-rata penggunaan internet masyarakat lndonesia yaitu 4.7 jam pada weekdays dan 5.6 jam pada weekend.

Hasil studi tersebut mengindikasikan bahwa internet telah menjadi bagian penting bagi seseorang untuk mendukung kebutuhan mereka. Hal tersebut semakin dipermudah dengan hadirnya smartphone.

"Di Jenius, kami terus mendapatkan berbagai cerita inspiratif dari digital savvy dalam menggunakan Jenius sehari-hari, seperti isi ulang saldo e-Wallet, berlangganan layanan musik dan video streaming, hingga membuka deposito tanpa perlu repot antri ke bank. Semua dapat mereka lakukan melalui aplikasi Jenius di smartphone," ungkapnya.

Untuk mengikuti kebutuhan digital savvy yang begitu dinamis, pada 24 Januari 2019 lalu Jenius memperkenalkan Jenius Keyboard yang memberikan kemudahan bertransaksi sambil berinteraksi di dunia maya. Dengan akses terbaru dari Jenius ini, digital savvy tidak perlu membuka Jenius di aplikasi atau website melainkan melakukannya langsung dari keyboard di smartphone.

Melalui Jenius Keyboard, digital savvy dapat melihat saldo aktif, mengirim uang ke sesama rekening Jenius maupun rekening bank lain melalui fitur Send lt. menagih uang melalui fitur Pay Me, dan memeriksa riwayat transaksi pada menu ln & Out. Untuk mengaksesnya, digital savvy dilengkapi dengan keamanan berlapis seperti PIN, sidik jari (finger print), atau pemindaian wajah (face recognition) serta password.

Selain itu, sekarang digital savvy dapat dengan mudah melakukan pembayaran PLN prabayar dan pascabayar melalui Jenius. Digital savvy dapat melakukan pembayaran tersebut melalui biller PLN di fitur Send It.

“Berbagai inovasi tersebut merupakan bentuk komitmen Jenius untuk menyediakan solusi life finance gang relevan. semakin lengkap, dan menjawab kebutuhan digital savvy sekaligus menciptakan ekosistem life finance gang mempermudah kehidupan masyarakat," tutup Irwan.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak