alexametrics

JK Sebut Fintech Menjadi Pesaing Perbankan

loading...
JK Sebut Fintech Menjadi Pesaing Perbankan
Ilustrasi financial technology. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan financial technology (fintech) akan menjadi pesaing terberat bagi perbankan di masa mendatang.

"Bank mempunyai saingan yang tidak terpikirkan, yaitu fintech. Dan jika bank tidak memiliki kecakapan dalam teknologi dan informatika, bank akan ditinggalkan oleh nasabah," ujar JK di acara Dies Natalis ke-50 Perbanas di Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Untuk itu, JK meminta agar perbankan terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang teknologi. Dengan pemanfaatan teknologi, perbankan akan bisa bersaing dengan perusahaan fintech.



"Perbankan perlu ilmu yang canggih karena saingannya fintech. Atau juga perbankan ikut bekerjasama dengan perusahaan fintech," sambungnya.

JK pun mencontohkan kolaborasi antara perbankan dengan fintech, dengan menerbitkan sistem pembayaran berbasis Quick Response (QR) Code. BI Berencana Buat Aturan QR Code Perbankan

"Saat ini ada ratusan fintech. Dan saat ini orang mulai membayar pakai fintech, seperti Alipay. Setengah penduduk di China melakukan transaksi pakai Alipay. Meski pakai perbankan tapi dasar transaksinya sudah diluar perbankan. Jadi ini perubahan yang besar, dimana yang punya teknologi baik dan tercepat akan menang dan terpercaya oleh nasabah," tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak