alexametrics

Trump Disebut Tak Paham Ekonomi Oleh Mantan Gubernur The Fed

loading...
Trump Disebut Tak Paham Ekonomi Oleh Mantan Gubernur The Fed
Mantan Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat alias The Fed melayangkan kritik tajam dengan menyebutkan Presiden Donald Trump tidak memiliki pengetahuan ekonomi. Foto/Ilustrasi
A+ A-
WASHINGTON - Mantan Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat alias The Fed melayangkan kritik tajam seputar pengetahuan ekonomi Presiden Donald Trump. Pada program Marketplace Media Publik Amerika, Janet Yellen mengatakan Trump tidak memahami kebijakan ekonomi atau tujuan Federal Reserve AS.

Dia juga mengatakan, bahwa fokus Trump pada defisit perdagangan AS-China sebagai salah arah. Seperti diketahui akibatnya AS dan China telah terlibat dalam konflik perdagangan selama satu tahun terakhir hingga berujung pada kebijakan tarif tinggi yang diterapkan kedua negara antara satu sama lain.

Yellen, yang meninggalkan kursi pimpinan The Fed pada tahun 2018 dan saat ini bergabung bersama Kelompok Peneliti Brookings Institution menambahkan, apabila serangan kritik yang dilayangkan Presiden Trump terhadap Ketua The Fed saat ini Jerome Powell telah merusak kepercayaan publik pada bank sentral.



Saat menjawab pertanyaan dalam acara Marketplace, mitra radio BBC AS, apakah Yellen pikir Presiden mempunyai pemahaman tentang kebijakan ekonomi makro. Dia menjawab dengan tegas: "Tidak, saya rasa tidak,".

Lanjut dia menerangkan, bahwa Trump tampaknya tidak memahami dua tanggung jawab Fed untuk mengendalikan inflasi dan mendukung terbukanya pekerjaan. "Yah, saya ragu bahwa dia bahkan akan dapat mengatakan bahwa tujuan Fed adalah membuka lapangan kerja secara maksimum dan menjaga stabilitas harga, yang merupakan tujuan yang telah ditetapkan Kongres kepada Fed," kata Yellen.

Sementara itu, Ia juga mengomentari seputar kesenjangan perdagangan dengan China. "Ketika saya terus mendengar fokus presiden dan beberapa penasihatnya untuk memperbaiki defisit perdagangan bilateral dengan mitra dagang lainnya. Saya pikir hampir semua ekonom akan memberi tahu Anda bahwa defisit perdagangan bilateral tidak memiliki dampak nyata dan itu bukan kebijakan yang tepat," sambungnya.

Di sisi lain Powell yang kini menjabat Ketua The Fed menolak mengomentari pernyataan pendahulunya tentang Trump. Muncul di depan Komite Urusan Perbankan, Perumahan dan Perumahan Urban, Powell mengatakan kepada Senator Demokrat Sherrod Brown yang bertanya tentang pernyataan Yellen: "Saya tidak akan mempunyai komentar tentang hal itu untuk Anda senator."

Sebagai informasi Yellen ditunjuk sebagai ketua The Fed oleh Presiden Obama pada 2014 dan menjadi wanita pertama yang memegang posisi itu. Presiden secara umum mempertahankan kursi Federal Reserve, tetapi Presiden Trump dalam banyak kasus ini lain. Salah satu alasan mengganti Yellen dinilai karena penolakannya terhadap deregulasi sektor keuangan.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak