alexametrics

Cerita Sri Mulyani Soal Ekspor Kulit Tikus Bangkitkan Ekonomi Korsel

loading...
Cerita Sri Mulyani Soal Ekspor Kulit Tikus Bangkitkan Ekonomi Korsel
Menkeu Sri Mulyani menceritakan, soal kebangkitan ekonomi Korea Selatan (Korsel) yang sangat cepat, dimana salah satunya berkat inovasi ekspor kulit tikus. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menceritakan, soal kebangkitan ekonomi Korea Selatan (Korsel) yang sangat cepat, dimana salah satunya berkat kesuksesan ekspor kulit tikus. Sebelumnya Ia menerangkan Korsel sempat mengalami krisis sebelum akhirnya bangkit lewat cara yang inovatif.

"Produk kulit tikus diproses di Korea Selatan, alasan masyarakat mereka menggunakan tikus karena mengganggu lahan tani. Jadi dia tangkap tikusnya terus kulitnya dia produksi jadi jaket kulit tikus," ujar Menkeu Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Sambung dia menambahkan, hal itu terjadi pada tahun 70-an saat Korsel mengalami masalah hama tikus. Maka itu, pemerintahnya menggelar perlombaan tangkap tikus dan kulitnya diekspor. Menurutnya, nasib Korsel dari sisi perekonomian sejatinya tidak berbeda dengan Indonesia.



Korsel terang dia pernah mengalami krisis ekonomi di masa yang sama dengan Indonesia. "Korsel dulu sama miskinnya kayak kita. Kelaparan dimana-dimana, namun dia membuat perlombaan ekspor tiap daerah," jelasnya.

Dia pun menegaskan, Korsel sangat serius dalam mengembangkan ekspornya dengan buktinya mampu menanggulangi masalah hama menjadi peluang ekspor. Hal ini akan dicontoh Indonesia dalam menggenjot ekspor

"Pemerintah akan mengusahakan playing field sebagus mungkin, sehingga pengusaha fokus berkompetisi. Kita ingin sosialisasikan isu ini ke masyarakat, daya saing produk harus didorong semua pihak," paparnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak