alexametrics

Developer Perumahan Diajak Beri Fasilitas Transportasi Massal

loading...
Developer Perumahan Diajak Beri Fasilitas Transportasi Massal
Developer perumahan diajak untuk memfasilitasi sarana angkutan massal, sebagai upaya untuk mendorongkan peningkatan penggunaan transportasi umum. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Developer perumahan diajak untuk memfasilitasi sarana angkutan massal, sebagai upaya untuk mendorongkan peningkatan penggunaan transportasi massal. Penyediaan angkutan massal seperti bus diharapkan dapat menurunkan penggunaan kendaraan pribadi hingga 60% pada tahun 2024.

"Warga Citra Raya Tangerang kalau mau ke Bandara yang biasanya menggunakan mobil pribadi, sekarang bisa memakai bus. Satu bus bisa melayani hingga 50 penumpang. Selain mengurangi kemacetan juga ramah lingkungan," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (4/3/2019)

Lebih lanjut, Menhub Budi juga mendorong pengembang perumahan swasta lain dapat berperan dalam menyediakan angkutan umum massal lainnya bagi kebutuhan warga perumahan. "Saya mengapresiasi peran Citra Raya dalam menyediakan kebutuhan transportasi umum bagi warga dan membantu pemerintah mewujudkan program naik kendaraan umum," katanya.



Ia juga mendorong agar Perum DAMRI bisa mempromosikan angkutan yang baru diluncurkan tersebut dengan tur gratis ke Bandara pada periode tertentu. Senada dengan Menhub, Dirut Perum DAMRI Setia Milatia Moemin mengatakan, dengan peluncuran JA Connexion di Citra Raya ini diharapkan dapat membantu memindahkan beban penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi umum.

"Selain itu, penggunaan transportasi umum dapat mengurangi efek rumah kaca dan menurunkan tingkat polusi," tambah Milatia.

Ia juga mengatakan bus JA Connexion yang diluncurkan memiliki fasilitas premium sehingga penumpang dapat merasa nyaman menggunakan angkutan umum. Sebanyak 8 armada bus JA Connexion rute Citra Raya Tangerang- Bandara Soekarno Hatta (PP) akan beroperasi mulai pukul 03.00-23.00 WIB setiap hari.

Bus tersebut mulai melayani pada Senin, 4 Maret 2019 dengan tarif Rp. 40.000. Keberadaan bus JA Connexion tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk beralih ke transportasi umum dan melayani warga Citra Raya Tangerang dan sekitarnya menuju Bandara Soekarno Hatta.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak