Gubernur BI Optimistis Ekonomi RI Tembus 6% Lima Tahun Lagi

Senin, 04 Maret 2019 - 14:19 WIB
Gubernur BI Optimistis Ekonomi RI Tembus 6% Lima Tahun Lagi
Gubernur BI Optimistis Ekonomi RI Tembus 6% Lima Tahun Lagi
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menegaskan bakal terus memantau perkembangan ekonomi global yang masih penuh ketidakpastian sehingga mempengaruhi kondisi semua negara, tidak terkecuali Indonesia. Meski begitu Ia mengaku optimistis, ekonomi RI bisa menyentuh level 6% dalam waktu lima tahun ke depan

"Satu, optimis, optimis, optimis, Indonesia ekonominya akan lebih baik lagi khususnya dalam lima tahun ke depan ke arah 6%. Kedua, Bank Indonesia akan terus mengawal ekonomi mengawal stabilitas mendorong pertumbuhan," ujar Gubernur BI di Jakarta, Senin (4/2/2019).

Sambung dia menerangkan ada beberapa startegi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang semakin kuat, yakni berkoordinasi intensif pemerintah dan kementerian-lembaga terkait lainnya, kemudian bauran kebijakan fiskal dan moneter. Perry menegaskan, BI akan terus membangun sinergi, dengan pemerintah dalam memperkuat ekonomi Indonesia

"Indonesia mempunyai ketahanan yang bagus dan bisa membangun for the moving. Saya mulai dengan pantauan kami secara global, betul, sejak Februari, dunia sedang tidak ramah, termasuk ke Indonesia. Ketidakramahannya berbeda, tapi kita harus menyikapinya dengan baik, agar tetap moving," jelasnya.

Lebih lanjut, Ia juga menyoroti perkembangan ekonomi global agar tidak berdampak pada Indonesia dengan memperkokoh fundamental ekonomi. "Kita mempelajari pola-polanya. Kalau tahun lalu, itu lebih banyak rentetan dampaknya dirasakan dari sisi financial, kalau sekarang lebih dari sisi perdagangan. Hal ini yang perlu kita antisipasi," terang dia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3424 seconds (0.1#10.140)