alexametrics

Perkuat Daya Saing Pelabuhan Lewat Penerapan Digitalisasi Logistik

loading...
Perkuat Daya Saing Pelabuhan Lewat Penerapan Digitalisasi Logistik
Dalam upaya memperkuat daya saing pelabuhan secara global, pemanfaatan teknologi secara lebih luas dalam bidang logistik di Indonesia semakin didorong. Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Dalam upaya memperkuat daya saing pelabuhan secara global, pemanfaatan teknologi secara lebih luas dalam bidang logistik di Indonesia semakin didorong. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menekankan bakal terus melakukan perbaikan dalam meningkatkan sistem logistik.

Kasubdit Sistem Informasi dan Sarana Prasarana Angkutan Laut Sukirno Dwi Susilo mengatakan, pihaknya akan meningkatkan penerapan digitilisasi logistik. Hal ini agar mempermudah proses memberikan pelayanan yang cepat, murah, dan transparan, diharapkan daya saing pelabuhan Indonesia dapat meningkat.

"Hal ini sesuai dengan visi pemerintah untuk meningkatkan daya saing nasional di taraf global. Dengan proses pelayanan pelabuhan yang lebih cepat, efisien, transparan, dan kompetitif," ujar Sukirno Dwi di Jakarta, Selasa (5/3/2019).



Sambung dia menerangkan, sistem digital harus diterapkan di seluruh aktivitas logistik, yakni dari proses memasukkan barang ke gudang, pemindahan ke truk maupun kapal di pelabuhan hingga transportasi pelayaran. "Internet of Things, kecerdasan buatan dan sebagainya untuk diintegrasikan ke lini bisnis logistik ini dan bisa diterapkan di setiap perusahaan," katanya.

Dia berharap penerapan digitilisasi ini akan mampu menekan biaya logistik sehingga pada akhirnya bisa meningkatkan daya saing ekspor Indonesia. "Layanan online yang saat ini sudah ada harus diperkuat dengan memanfaatkan perkembangan sistem informasi dan teknologi yang terbaru," papar Sukirno.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak