alexametrics

PLN Targetkan Gardu Induk Muara Tawar Rampung Bulan Depan

loading...
PLN Targetkan Gardu Induk Muara Tawar Rampung Bulan Depan
Petugas PLN melakukan pengecekan di Gardu Induk 150 kV Muara Tawar, Bekasi, Selasa (5/3/2019). Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - PT PLN (Persero) menegaskan komitmennya dalam peningkatan keandalan kelistrikan DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya, khususnya Bekasi. Sebagai salah satu bentuk komitmen tersebut, PLN melaksanakan pembangunan Gardu Induk 150 kV Muara Tawar yang dimulai sejak 28 Juni 2016.

Proyek Gardu Induk yang berlokasi di Desa Segara Jaya, Kecamatan Taruma Jaya, Bekasi, mendapatkan suplai listrik yang dihasilkan dari PLTGU Muara Tawar dan diharapkan dapat mendukung kehandalan sistem di wilayah DKI Jakarta dan Bekasi.

Proyek Gardu Induk 150 kV Muara Tawar, pengerjaannya dibawahi oleh PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) dengan pelaksanaan oleh PLN Unit Pelaksana Proyek Jaringan Jawa Bagian Barat (UPP JJBB) 2.



Pengoperasian Gardu Induk 150 kV Muara Tawar berkapasitas 2 X 60 MVA ini akan mendapatkan supply dari 2 (dua) unit Interbus Transformator (IBT) 500kV PLTGU Muara Tawar dan kemudian disalurkan ke empat Gardu Induk lainnya sebagai pendukung peningkatan kehandalan kelistrikan.

General Manager PLN UIP JBB Ratnasari Sjamsuddin mengatakan, pembangunan Gardu Induk 150 kV Muara Tawar ini ditargetkan selesai pada April 2019.

"Scope dari proyek pembangunan di Muara Tawar ini terbagi menjadi 2 proyek, GITET 500 kV Muara Tawar dan GI 150 kV Muara Tawar, dimana khusus proyek GI Muara Tawar ini kami targetkan bisa beroperasi pada April 2019," papar Ratna di Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Dia menambahkan, proyek ini merupakan perwujudan nyata program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 MW. Penyelesaian proyek Gardu Induk 150 kV Muara Tawar, tegas dia, akan memberikan manfaat besar bagi keandalan sistem kelistrikan di DKI Jakarta dan Bekasi serta menyokong kebutuhan listrik masyarakat di kedua daerah itu yang kian hari terus bertambah.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak