alexametrics

Bezos Paling Tajir, HT Orang Kaya Termuda di Indonesia

loading...
Bezos Paling Tajir, HT Orang Kaya Termuda di Indonesia
Bezos Paling Tajir, HT Orang Kaya Termuda di Indonesia
A+ A-
NEW YORK - Pendiri Amazon Jeff Bezos masih menjadi orang terkaya di dunia dalam daftar miliarder dunia versi Forbes. Dalam daftar terbarunya yang dirilis Rabu (6/3), majalah itu juga menempatkan Kylie Jenner menjadi orang terkaya paling muda di dunia tahun ini, dengan kekayaan USD1 miliar atau sekitar Rp14,1 triliun (kurs Rp14.100 per dolar AS).

Kylie Jenner mencatatkan prestasi tersendiri dalam daftar tahun ini. Dia menjadi yang pertama sebagai orang terkaya termuda melalui usahanya sendiri. Keberhasilan Kylie ini berkat sosial media, dia memiliki lebih dari 119 juta followers di Instagram.

Di Indonesia, pengusaha Hary Tanoesoedibjo (HT) menjadi miliarder termuda yang masuk jajaran orang terkaya menurut Forbes. Melansir majalah tersebut, HT menempati peringkat 1.941 orang terkaya di dunia dengan nilai kekayaan USD1,1 miliar. HT menduduki peringkat ke-31 orang terkaya di Indonesia pada usia 53 tahun.



HT adalah chairman PT MNC Investama Tbk atau MNC Group yang didirikan pada 1989 silam sebagai perusahaan sekuritas. MNC Group menjadi perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia pada 1997. Pada 2000, MNC Group melakukan ekspansi di bidang media dan merambah di bisnis properti pada 2007.

Saat ini MNC Group merupakan grup investasi terkemuka Indonesia dengan tiga bisnis utama, yakni media, jasa keuangan dan properti. MNC Group mengemban visi menjadi pilar penting pertumbuhan ekonomi nasional, menciptakan lapangan kerja, dan menjadi pelopor pengembangan bisnis digital di Indonesia.

Di sektor media yang dioperasikan melalui anak usaha Global Mediacom atau dikenal sebagai MNC Media, MNC Group adalah pemilik media terbesar dan paling terintegrasi di Asia Tenggara. Portofolio bisnisnya terdiri atas empat stasiun TV nasional Free-To-Air yakni RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews serta 20 channel yang disiarkan di TV berlangganan MNC Channels.

RCTI, MNCTV, dan GTV berfokus pada program hiburan, sedangkan iNews fokus pada penayangan program berita dan olahraga. iNews merupakan TV nasional berjaringan terbesar yang terdiri atas 60 TV lokal yang tersebar di seluruh Indonesia.

Di sektor jasa keuangan, MNC Group melalui MNC Kapital Indonesia memiliki lini bisnis dalam penyediaan produk dan jasa keuangan yang lengkap dan terintegrasi melalui MNC Bank, MNC Finance, MNC Leasing, MNC Sekuritas, MNC Asset Management, MNC Insurance, dan MNC Life.

Adapun di sektor properti, perseroan memiliki MNC Land yang dalam kurun waktu singkat telah berkembang menjadi salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia. Bergerak dalam pengembangan, pembangunan, dan akuisisi properti dan kawasan wisata terpadu serta dalam jasa properti.

Saat ini MNC Land memiliki sejumlah lini bisnis strategis yang meliputi MNC Lido City, kawasan seluas 3.000 ha di Lido, Jawa Barat yang didedikasikan sebagai pusat gaya hidup dan hiburan terintegrasi. Kemudian, MNC Bali Resort yakni kawasan resor mewah seluas lebih dari 100 ha di Tabanan, Bali. MNC Lido City nantinya akan menjadi kebanggaan Indonesia dengan menghadirkan pengembangan theme park resort kelas dunia dan Trump Community pertama di Asia.

Theme park resort akan mengintegrasikan theme park bertaraf kelas dunia dengan hotel mewah, kawasan ritel, restoran, dan hiburan yang meriah serta hunian berkualitas. Dioperasikan oleh Trump Hotel Collection, Trump Community akan mengembangkan resor bintang 6 yang sangat mewah, lapangan golf 18-hole bertaraf internasional yang dirancang oleh Ernie Els, country club berkelas, vila dan rumah supermewah, serta kondominium mewah.

MNC Bali Resort, yang juga menghadirkan resor dan lapangan golf signature Trump Hotels, saat ini sedang berada dalam tahapan desain. Lapangan golf 18-hole yang terkenal dan telah mengadakan banyak kejuaraan di MNC Bali Resort yang berhadapan dengan Pura Tanah Lot akan dirancang Phil Mickelson, pemenang Major Championship.

Pengusaha termuda Indonesia lainnya dalam daftar Forbes adalah Chairul Tanjung (CT) yang berusia 57 tahun dan menduduki peringkat 568 dunia dengan nilai kekayaan USD3,7 miliar. Dia menduduki peringkat ketujuh orang terkaya di Indonesia.

Melalui CT Corp, CT mengelola Trans Retail yang mengendalikan Carrefour dan Transmart. Dia juga menguasai jaringan waralaba Wendy's dan memiliki jaringan waralaba lainnya seperti Versace, Mango, dan Jimmy Choo. CT menjual 49% saham di perusahaan asuransinya ke Prudential Financial AS pada 2017. Dia juga menjalin kerja sama dengan AccorHotels Prancis pada November 2017 untuk membuka 30 hotel di Indonesia.

Dalam daftar terbaru yang dirilis Forbes beberapa waktu lalu, predikat orang terkaya di Indonesia masih dipegang Budi Hartono, 78 tahun. Bos Djarum tersebut menjadi orang terkaya nomor 54 dunia versi Forbes dengan nilai kekayaan USD18,4 miliar, sedangkan saudara kandungnya, Michael Hartono, 79 tahun, menduduki peringkat ke-56 dalam jajaran orang terkaya dunia dengan nilai kekayaan USD18,3 miliar.

Selama ini, Michael dikenal memperjuangkan olahraga bridge masuk dalam Asian Games. Kegemarannya terhadap olahraga ini pun membawa dia meraih medali perunggu pada Asian Games 2018 lalu. Sebagian besar kekayaan Michael diperoleh dari investasi mereka di Bank Central Asia (BCA). Hartono bersaudara membeli saham BCA setelah Keluarga Salim kehilangan kontrol atas bank tersebut pada krisis ekonomi Asia pada 1997-1998.

Konglomerat lainnya yang masuk daftar Forbes adalah Sri Prakash Lohia menduduki peringkat ke-200 dunia dengan nilai kekayaan USD7,5 miliar. Dia menduduki peringkat keempat sebagai orang terkaya di Indonesia pada usia 66 tahun. Sumber kekayaannya berasal dari industri petrokimia. Sejak 1970-an, dia bermigrasi dari India ke Indonesia untuk mendirikan Indorama. Kini industrinya menjadi raksasa kimia yang memproduksi berbagai bahan mentah tekstil hingga pupuk.

Selanjutnya, Dato Sri Tahir menduduki peringkat 424 dengan nilai kekayaan USD4,5 miliar. Pendiri Mayapada Group itu menduduki peringkat ke-6 sebagai orang terkaya di Indonesia. Dia memiliki bisnis di bidang perbankan, rumah sakit, dan properti. Kini, putrinya, Grace menjadi presiden komisaris Propertindo Mulia Investama. Istrinya, Rosy, merupakan putri dari pengusaha Mochtar Riady.

Kekayaan Bezos Naik USD19 Miliar

Sementara itu, Jeff Bezos menempati posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia untuk kedua kali secara berturut-turut. Jumlah kekayaan Bezos tercatat sebesar USD131 miliar, meningkat USD19 miliar dibandingkan setahun silam. Tahun lalu Bezos juga menempati posisi puncak dalam daftar miliarder Forbes dengan kekayaan bersih lebih dari USD100 miliar.

Meski saham Amazon turun dari posisi tertinggi USD2.012 per saham pada Agustus, saham itu masih bernilai lebih besar dibandingkan setahun lalu. “Pertanyaan besar sekarang ialah apakah dia dapat mempertahankan kekayaannya dengan kabar perceraiannya. Pada 9 Januari, dia mengumumkan di Twitter bahwa dia dan istrinya, MacKenzie, berencana berpisah setelah 25 tahun menikah,” papar Kerry A Dolan, perwakilan dari Forbes.

Kabar bahwa Bezos bercerai itu memunculkan pernyataan tentang bagaimana dia akan menjaga kontrol Amazon yang dia memiliki 16% saham di perusahaan itu. Banyak juga yang mempertanyakan masa depan kekayaannya nanti. Sesuai laporan Forbes, negara bagian Washington mengharuskan pasangan yang bercerai memisahkan propertinya, termasuk semua pendapatan yang diperoleh selama pernikahan. “Dia MacKenzie Bezos, mendapat setengah kekayaan Bezos, maka dia akan menjadi wanita terkaya di dunia,” tutur Dolan.

Setelah Bezos, peringkat kedua terkaya di dunia ditempati pendiri Microsoft Bill Gates, dan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett di urutan ketiga. Di urutan berikutnya ada nama Bernard Arnault dan keluarga, Carlos Slim Helu dan keluarga, Amancio Ortega, Larry Ellison, co-founder Facebook Mark Zuckerberg, pendiri Bloomberg Michael Bloomberg, dan Larry Page.

Menurut Forbes, saat ini ada 2.153 miliarder, atau berkurang 55 orang dibandingkan setahun lalu. Dari jumlah tersebut, tercatat 994 miliarder atau 46% mengalami penurunan kekayaan dibandingkan tahun lalu. “Secara total, ultra kaya bernilai USD8,7 triliun, turun USD400 miliar dari 2018. Secara total 11% dari daftar tahun lalu, atau 247 orang terdepak keluar dari daftar itu, jumlah terbanyak sejak 2009 saat krisis keuangan global,” ungkap laporan Forbes.

Kawasan Asia-Pasifik mengalami pukulan paling keras, dengan adanya pengurangan miliarder hingga 60 orang. Jumlah terbesar dialami China yang mengalami pengurangan 49 miliarder dibandingkan tahun lalu. Eropa, Timur Tengah, dan Afrika juga mengalami penurunan jumlah miliarder.

Benua Amerika didorong oleh kebangkitan Brasil dan Amerika Serikat (AS) yang menjadi dua kawasan dengan miliarder lebih banyak dibandingkan tahun lalu. “Sekarang ada 607 miliarder di AS. Itu termasuk 14 orang dalam daftar 20 orang terkaya di dunia,” papar Forbes. Forbes mencatat, 195 pendatang baru bergabung dalam daftar tahun ini. Pendatang baru terkaya adalah Colin Huang, pendiri web ritel diskon China, Pinduoduo, yang melakukan penawaran saham perdana (IPO) di AS pada Juli lalu.

Pendatang baru lainnya termasuk pendiri Spotify, Daniel Ek dan Martin Lorentzon, pendiri Juul Labs James Monsees dan Adam Bowen, pendiri Kind Bar Daniel Lubetzky, dan bintang Kylie Jenner yang menjadi miliarder termuda di dunia pada umur 21 tahun.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak