alexametrics

Rudiantara: BSD Bisa Jadi Silicon Valley Keempat di Dunia

loading...
Rudiantara: BSD Bisa Jadi Silicon Valley Keempat di Dunia
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut kawasan BSD di Tangerang, Banten berpotensi menjadi kawasan pusat teknologi setara sillicon valley di AS. Foto/Ilustrasi
A+ A-
TANGERANG - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang, Banten berpotensi menjadi kawasan pusat teknologi setara sillicon valley atau lembah silikon seperti di Amerika Serikat. Pasalnya, perusahan teknologi asal Amerika Serikat, Apple Inc telah mendirikan Apple Developer Academy berada di Green Office Park 9, kawasan BSD, Tangerang Selatan.

"Saat ini ada tiga lembah silikon di dunia, yaitu Bay Area atau Silicon Valley di Amerika Serikat, kedua adalah Beijing, China dan ketiga adalah Bangalore, India. “4B selanjutnya mudah-mudahan adalah BSD (Bumi Serpong Damai),” ujar Rudiantara di Tangerang, Selasa (12/3/2019)

Meski demikian, ia tak menampik daerah-daerah lainnya di Indonesia seperti Bandung maupun Bali juga bisa berpotensi. Seperti diketahui, lembah silikon Amerika Serikat telah menjadi markas bagi perusahaan raksasa teknologi dunia seperti Apple Inc, Google, Cisco, Hewlet-Packard hingga Facebook.



"Awalnya, terminologi sillicon itu berasal dari tingginya konsentrasi perusahaan yang terlibat dalam industri semikonduktor dan komputer di area tersebut," jelasnya.

Rudiantara menilai, dengan kehadiran perusahaan raksasa teknologi seperti pendirian akadami Apple Inc di BSD bisa membuka jalan bagi perusahaaan teknologi di dunia untuk juga berinvestasi di Indonesia. Sebagai informasi, pendirian akademi Apple itu sebagai bagian untuk memenuhi ketentuan regulasi mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Apple berinvestasi sebesar USD44 juta dalam jangka waktu tiga tahun sejak 2017.

Selain di BSD, Apple Developer Academy juga telah dibangun di Italia dan Brazil. Di Italia, Apple bekerja sama dengan Università di Napoli Federico II. Adapun, di Brazil, Apple menggandeng The Pontifical Catholic University of Rio Grande do Sul.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak