alexametrics

Polling Litbang SINDO

Masyakarat Nilai Kenaikan Harga Tiket Pesawat Tidak Wajar

loading...
Masyakarat Nilai Kenaikan Harga Tiket Pesawat Tidak Wajar
Kenaikan harga tiket pesawat banyak dikeluhkan masyarakat. Hasil survei online Litbang SINDO memperlihatkan dari seluruh jumlah total responden, 81% menyatakan kenaikan tersebut tidak wajar dilakukan. Foto/SINDOphoto/Yorri Farli
A+ A-
KENAIKAN harga tiket pesawat oleh sejumlah maskapai penerbangan banyak dikeluhkan masyarakat yang biasa menggunakan jasa transportasi ini. Hasil survei online Litbang SINDO memperlihatkan dari seluruh jumlah total responden, 81% di antaranya menyatakan kenaikan tersebut tidak wajar dilakukan.
Masyakarat Nilai Kenaikan Harga Tiket Pesawat Tidak Wajar
Alasan yang diungkapkan beragam, mulai dari nilainya yang terlalu tinggi sampai fasilitas yang dianggap belum memadai. “Kok bisa harga tiket pesawat lebih murah ke destinasi internasional daripada domestik. Parahnya lagi, kenaikan tidak disertai dengan perubahan fasilitas yang lebih baik,” ujar Amel, karyawan swasta.

Keberatan juga disampaikan oleh Jordan. “Pesawat adalah transportasi umum. Tidak hanya digunakan oleh masyarakat kelas atas saja. Jadi apabila harga tiket pesawat dinaikkan, naikkanlah sesuai dengan kemampuan masyarakat secara umum,” katanya.
Masyakarat Nilai Kenaikan Harga Tiket Pesawat Tidak Wajar
Kenaikan harga tiket pesawat dinilai oleh 86% masyarakat terlalu besar. Masyarakat pun tercegang karena kenaikannya secara tiba-tiba. Sejumlah penumpang terpaksa membatasi naik pesawat karena harga tiket yang tidak ramah di kantong.

Mulanya pihak maskapai penerbangan dengan kenaikan harga tiket pesawat dapat menutup biaya operasional yang naik akibat menguatnya dolar Amerika, serta tingginya harga avtur. Namun apa daya niat tersebut tidak berjalan mulus.
Masyakarat Nilai Kenaikan Harga Tiket Pesawat Tidak Wajar
Dengan adanya kebijakan ini, bisnis pariwisata akan terpukul. Penumpang sepi, jumlah penerbangan pun berkurang. Sejumlah tujuan daerah wisata di Indonesia juga tak lagi menjadi destinasi utama.



Konsumen akan berpikir untuk mengunjungi tempat-tempat wisata luar negeri daripada negeri sendiri karena akan memakan cost yang lebih murah. Misalnya wisata ke Malaysia, Thailand, atau Singapura.
Masyakarat Nilai Kenaikan Harga Tiket Pesawat Tidak Wajar
Kenaikkan juga berdampak pada bisnis hotel. Hunian hotel atau penginapan berkurang seiring dengan berkurangnya masyarakat untuk bepergian ke luar kota untuk sekadar berlibur atau untuk tugas kantor.

Pemerintah dan pihak-pihak terkait harus duduk satu meja untuk membahas berapa harga tiket pesawat yang wajar. Tidak mahal namun juga tidak murah adalah kriteria yang wajar untuk diterima semua pihak. Di sisi lain maskapai penerbangan tetap menggunakan standar keamanan penumpang. (Tika Vidya-Litbang SINDO)

Dua Orang Pemenang:
1. Amel, domisili Jakarta, karyawan swasta
2. Jordan H, domisili Jakarta, mahasiswa* Pemenang akan dihubungi oleh tim kami.
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak