alexametrics

Pembangunan Infrastruktur Bantu Optimalkan UMKM Indonesia

loading...
Pembangunan Infrastruktur Bantu Optimalkan UMKM Indonesia
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pembangunan infrastruktur akan mematikan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah anggapan keliru. Justru sebaliknya, pembangunan infrastruktur dan transportasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan bisa mendorong kemajuan UMKM di Indonesia agar lebih optimal.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjelaskan melalui pembangunan infrastruktur seperti pelabuhan dan bandara akan semakin memperlancar alur logistik. Dan ujung-ujungnya membantu kemajuan produk UMKM.

"Ditambah dengan penerapan teknologi informasi di pelabuhan seperti, inaportnet, dapat menurunkan waktu tunggu barang di pelabuhan atau dwelling time. Dengan begitu, arus barang lebih efisien dan efektif dan kegiatan ekspor produk UMKM menjadi lebih mudah," terang Budi di Jakarta, Selasa (12/3/2019).



Budi mengungkapkan, pemerintah akan terus berinovasi dalam teknologi dengan mengaplikasikan dan mendukung start up berbasis digital, dengan harapan hal ini dapat memotivasi dan membantu UMKM untuk go digital.

Para pengusaha khususnya sektor UMKM, diharap agar dapat memanfaatkan pembangunan infrastruktur yang saat ini begitu pesat untuk mengembangkan peluang usahanya.

Budi juga menyampaikan bonus demografi sebagai kekuatan Indonesia. "Bayangkan apabila seluruh milenial Indonesia paham akan teknologi dan digitalisasi, Indonesia pasti akan menjadi negara besar dan impian menggapai Indonesia Emas 2045 akan tercapai," tandasnya.

Karena itu, kata dia, pengusaha musti jeli dan cermat dalam memanfaatkan pembangunan infrastruktur serta kebijakan yang disiapkan pemerintah. Pembangunan infrastruktur ibarat lapangan bola yang telah disiapkan seluas-luasnya bagi pengusaha untuk bermain.

"Tugas pemerintah adalah membuka playing field ini bagi dunia bisnis mulai dari Aceh sampai Papua," ucapnya.

Dan UMKM memiliki peranan penting karena sektor ini mampu menyerap 96% tenaga kerja, serta berkontribusi sebesar 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Disamping itu, UMKM adalah elemen penting dari ekonomi kerakyatan.

Budi mengutip dari pernyataan Wakil Presiden Bung Hatta, yang pernah mengucapkan pada hakikatnya pembangunan ekonomi Indonesia adalah pembangunan ekonomi kerakyatan, yaitu ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat, yang mana nyawa ekonomi kerakyatan tersebut ada pada UMKM.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak