alexametrics

KAI Bandung Siapkan 8.480 Kursi dan Angkutan Motor Gratis

loading...
KAI Bandung Siapkan 8.480 Kursi dan Angkutan Motor Gratis
Petugas KAI saat melakukan pengangkutan sepeda motor pada Lebaran 2018 lalu. Foto/Ist
A+ A-
BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung menyiapkan sekitar 8.480 paket kursi kereta api ekonomi beserta angkutan motor gratis bagi masyarakat yang akan mudik pada Lebaran 2019 ini.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung Joni Martinus mengatakan, 8.480 paket itu terdiri atas 4.240 tempat duduk pada arus mudik dan 4.240 tempat duduk arus balik.
Total terdapat empat kereta keberangkatan Daop 2 yang menyediakan tempat duduk untuk pendaftar angkutan motor gratis, yaitu KA Kahuripan, KA Kutojaya Selatan, KA Pasundan, dan KA Pasundan Lebaran.
"PT KAI memfasilitasi masyarakat yang menggunakan layanan angkutan motor gratis sekaligus dengan tempat duduknya. Namun selama kuota masih ada. Bila paket sudah habis, kami hanya menyediakan angkutan motornya saja," jelas Joni, di Bandung, Kamis (14/3/2019).

Menurut dia, masyarakat yang ingin memanfaatkan angkutan tersebut, bisa mendaftar mulai 12 Maret sampai dengan 13 Mei 2019. Setelah tanggal itu, hanya difasilitasi angkutan motor.



Sampai 13 Maret 2019, sudah tercatat 130 pendaftar di Stasiun Kiaracondong dan 120 pendaftar di Stasiun Cimahi. Kapasitas Angkutan KA Motis untuk Lintas Selatan 1 adalah 464 motor perharinya.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, KAI menyediakan total 58.088 tempat duduk bagi para pendaftar angkutan Motis. Terbagi atas arus mudik 32.436 dan arus balik 25.652.Tiket KA penumpang untuk angkutan motor gratis tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan.

"KAI mendukung penuh program pemerintah untuk angkutan Motor Gratis ini. KAI akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang telah mempercayakan motornya kepada KAI pada Angkutan Lebaran 2019 ini," tutup Edi Sukmoro.

Total kapasitas motor yang dapat diangkut setiap harinya adalah 1.392 motor atau total 18.096 selama 13 hari pelaksanaan. Terdapat 3 relasi yang dilayani oleh KAI untuk Angkutan Motis 2019 ini yaitu Lintas Utara: Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, Surabaya Pasarturi.

Lintas Selatan meliputi Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun -Kutoarjo, Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cimahi, Kiaracondong, Sidareja, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo. Lintas Selatan 2: Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun Surabaya Pasartur, Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Jombang, Mojokerto, Surabaya Pasarturi.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak