PLN EPI Raih 2 Penghargaan di Ajang TOP CSR Awards 2024

Kamis, 30 Mei 2024 - 21:01 WIB
loading...
PLN EPI Raih 2 Penghargaan di Ajang TOP CSR Awards 2024
PLN Energi Primer Indonesia meraih dua penghargaan di ajang TOP CSR Awards 2024. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT PLN Energi Primer Indonesia ( PLN EPI ) meraih dua penghargaan di ajang TOP CSR Awards 2024. PLN EPI meraih TOP CSR Awards 2024 #Star 5 dan TOP Leader on CSR Commitment 2024 untuk Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara.

Sekretaris Perusahaan PLN EPI Mamit Setiawan mengungkapkan, keberhasilan ini terasa istimewa karena pada tahun 2023 PLN EPI meraih predikat #Star 4 dan tahun ini naik ke #Star 5. "Pencapaian naik ke Predikat #Star 5 tentu tidak mudah mengingat PLN EPI merupakan Subholding PLN yang baru berusia 1 tahun," ungkapnya melalui keterangan tertulis, Kamis (30/5/2024).

Baca Juga: PLN EPI Gandeng Universitas Telkom Kembangkan Teknologi Blockchain pada P2EP

Mamit mengatakan, penghargaan ini akan semakin mendorong PLN EPI untuk menjadi perusahaan terbaik dalam penyediaan energi primer untuk pembangkit listrik Indonesia sekaligus berkomitmen untuk terus memperkuat inovasi corporate social responsibility (CSR) dan environment, social, and governance (ESG) demi bisnis keberlanjutan.

Desa Berdaya Energi di Gunung Kidul menjadi Program Unggulan CSR CSV (creating share value) PLN EPI yang dibangun dengan konsep pemberdayaan dengan mengintegrasikan pilar lingkungan, pengembangan UMK, sosial budaya, dan kesehatan masyarakat. Berawal dari kebutuhan warga yang membutuhkan pakan ternak di musim kemarau dan Perusahaan akan biomassa. PLN EPI bekerjasama dengan Pemda DIY, Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat melaksanakan penanaman tanaman multifugsi di Sultan Ground dan Tanah Kas Desa di Kalurahan Gombang dan Karang Asem Gunung Kidul. Hasilnya daun tanaman tersebut bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak, sementara rantingnya bisa untuk Cofiring Biomassa PLN dan warga juga bisa mendapatkan tambahkan penghasilan. Selain itu PLN EPI juga mengintegrasikan dengan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat berupa pelatihan pakan ternak fermentasi, pelatihan pembuatan pupuk organik, pembuatan rumah bibit tanaman multifungsi, budidaya kambing perah dan bantuan kesehatan untuk pencegahan stunting.

“PLN EPI terus bergerak maju dan berkembang tidak hanya memberikan manfaat sosial untuk masyarakat serta lingkungan melainkan tetap harus selaras dengan SDGs dan strategi bisnis PLN EPI demi tercapainya target-target bisnis Perusahaan untuk terus tumbuh secara berkelanjutan," jelas Mamit.

Ajang TOP CSR Awards 2024 bukan hanya sekedar kegiatan yang memberikan penilaian dan pemberian penghargaan melainkan kegiatan yang mengandung banyak proses pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan keefektivitasan CSR di suatu Perusahaan.

Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2024, M Lutfi Handayani mengatakan bahwa tema pada kegiatan TOP CSR Awards 2024 adalah CSR dan ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth, yaitu Inovasi-inovasi program CSR dan ESG yang mendukung tumbuhnya suatu bisnis Perusahaan secara berkelanjutan. Tema ini bertujuan mendorong Perusahaan untuk terus mengimplementasikan ESG dan CSR yang mengadopsi ISO 26000 SR dan ESG.

“Jika tanggung jawab Perusahaan tetap berjalan dan menerapkan ESG, maka masalah sosial ekonomi di Indonesia dapat teratasi dengan baik sehingga bisnis yang tumbuh akan bersinambungan, peduli sosial, dan memiliki tata kelola yang baik ," kata Lutfi.

Baca Juga: PLN EPI Dukung Pemerintah dan KKKS Manfaatkan Gas Bumi

Sementara itu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili oleh Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Sigit Reliantoro menjelaskan ada beberapa hal yang harus diterapkan oleh semua perusahaan di Indonesia, yaitu pentingnya turut serta dalam menjaga lingkungan dan tidak merusak lingkungan melalui operasi bisnis perusahaan, serta tetap menggunakan sumber daya energi yang ramah lingkungan;

Kemudian, perusahaan harus berkomitmen untuk terus menerapkan ESG dalam mendukung pertumbuhan bisnis Perusahaan yang berkelanjutan; dan pembangunan nasional serta stimulasi ekonomi untuk mengurangi emisi GRK dengan bertransformasi ekonomi lingkungan yang diwujudkan melalui pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)