alexametrics

Pengembangan Terminal Bandara Depati Amir Ditarget Selesai Tahun 2020

loading...
Pengembangan Terminal Bandara Depati Amir Ditarget Selesai Tahun 2020
Terminal baru Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta pengembangan terminal penumpang Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung, segera direalisasikan. Hal ini untuk menjawab pertumbuhan penumpang di Bandara Depati Amir yang telah mencapai 2,98 juta penumpang pada 2017.

Menjawab permintaan Presiden, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menargetkan pengembangan terminal penumpang Bandara Depati Amir akan selesai pada akhir tahun 2020. Pengembangan ini untuk meningkatkan kapasitas hingga 3 juta penumpang per tahun.

"Sekarang ini kapasitas bandara sebesar 1,5 juta penumpang per tahun. Ini akan ditingkatkan kapasitasnya menjadi 3 juta penumpang per tahun. Peletakan batu pertama minggu depan. Diharapkan selesai dalam 18 bulan," kata Budi Karya, Kamis (14/3/2019).



Lebih lanjut kata Budi Karya, bandara ini akan terus dikembangkan hingga memiliki kapasitas hingga 5 juta penumpang. "Jadi mungkin setelah tahun 2020, kita akan menambah kapasitas hingga 3 kali lipat dari sekarang".

Selain pengembangan terminal penumpang, juga akan dilakukan perpanjangan landasan pacu alias runway. Terkait perihal ini, Menhub mengatakan PT Angkasa Pura II yang akan melakukan pembebasan tanah.

"Nanti untuk urusan runway ada pembebasan tanah, sepanjang 20,8 hektar. Runway dari ukuran 2.250 x 45 meter akan menjadi 2.650 x 45 meter," terangnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak