alexametrics

Aptrindo Inginkan Sopir Truk Miliki Kompetensi Berstandar Internasional

loading...
Aptrindo Inginkan Sopir Truk Miliki Kompetensi Berstandar Internasional
Presiden Jokowi menghadiri acara deklarasi pengemudi truk sebagai pelopor keselamatan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Foto/SINDOnews/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menggelar deklarasi pengemudi truk sebagai pelopor keselamatan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Wakil Ketua Umum Aptrindo, Kyatmaja Lookman, menerangkan bahwa kecelakaan lalu lintas di indonesia masih sangat tinggi. Sehingga menimbulkan kerugian yang besar baik moril maupun materil.

"Sekitar 70% kecelakaan jalan tol melibatkan angkutan barang dan 50 kejadian per harinya, dengan 68% kecelakaan disebabkan oleh human error. Oleh karena itu, kita bercita-cita pengemudi truk ini seperti pilot, seperti masinis, seperti kapten," ujar Kyatmajaya, Minggu (17/3/2019).



Kemudian, lanjut dia, untuk meningkatkan keselamatan ketertiban, angkutan barang menggunakan kendaraan angkutan muatan standar euro 4, sehingga menghilangkan over dimension-over load (odol).

"Deklarasi pengemudi truk menjadikan pelopor mengutamakan keselamatan mengusung tema keselamatan adalah nomor satu yakni safety first," ungkapnya. Baca: Pengemudi Truk Jangan Mogok Karena Bisa Kacaukan Harga Bahan Pokok

Dia menjelaskan, tujuan deklarasi ini untuk meningkatkan kualitas pengemudi yang memiliki kompetensi yang berstandar nasional maupun internasional.

"Dan meningkatkan keselamatan, ketertiban, dan kelancaran angkutan barang dengan kendaraan berstandar internasional, muatan standar, sehingga menghilangkan overdimensi dan overload," pungkasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak