alexametrics

Jokowi Pertimbangkan Kembali Bangun MRT di Empat Kota

loading...
Jokowi Pertimbangkan Kembali Bangun MRT di Empat Kota
Presiden Jokowi menerangkan, tengah mempertimbangkan untuk membangun moda transportasi massal Mass Rapid Trans (MRT) di empat kota lain setelah Jakarta. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerangkan, tengah mempertimbangkan untuk membangun moda transportasi massal Mass Rapid Trans (MRT) di empat kota lain setelah Jakarta. Sejauh ini terang dia, rencana tersebut masih sebatas FS alias feasibility study penyediaan MRT di beberapa kota besar lainnya.

"Ini kan FS dulu. Kalau untuk Jakarta sangat mendesak tapi kota-kota lain seperti Palembang, Sumut, Bandung, Surabaya dan Makassar saya kira juga harus disiapkan, jangan terlambat seperti kita yang di Jakarta," ujar Jokowi di Jakarta, Selasa (19/3/2019)

Sambung dia mengutarakan, soal intergrasi transportasi pada wilayah Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang- Bekasi) sudah dalam pembahasan bersama Gubernur DKI Jakarta, Wakil Gubernur Jawa Barat, Wali Kota Bekasi, Depok dan Tangerang. "Kepala daerah sepakat integrasi transportasi mesti segera dilakukan," jelasnya.



Jokowi juga menegaskan pengintegrasian transportasi ini tak bisa ditunda lagi karena kemacetan di Jabodetabek sudah menimbulkan kerugian yang sangat besar selama berpuluh-puluh tahun. "Tidak ada lagi yang namanya ego sektoral lagi, ego kementerian, ego daerah, saya kira semuanya yang ada adalah kepentingan nasional," papar dia.

Sebelumnya, Ia menerangkan kehadiran MRT membuat Indonesia khususnya Jakarta memiliki peradaban baru. Pasalnya moda transportasi ini membuat masyarakat Indonesia beralih membangun budaya baru dalam menggunakan transportasi umum.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak