alexametrics

Menkeu: Penerimaan Pajak per Februari Capai Rp177,24 Triliun

loading...
Menkeu: Penerimaan Pajak per Februari Capai Rp177,24 Triliun
Menkeu Sri Mulyani memberikan penjelasan mengenai perkembangan APBN 2019 di Jakarta, Selasa (19/3/2019). Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi penerimaan perpajakan per Februari tumbuh sekitar 10%, atau mencapai Rp177,24 triliun. Pertumbuhan ini salah satunya didukung oleh pertumbuhan cukai yang disebabkan oleh pergeseran pola CHT akibat dikeluarkannya PMK 57.

"Saya sampaikan bahwa penerimaan pajak mencapai Rp177,24 triliun, ini naik 10% dibandingkan tahun 2018," ujar Menteri keuangan (Menkeu) Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Dia menjelaskan, penerimaan pajak ini ditopang oleh kinerja PPh Non-Migas dan PPh Migas yang mampu tumbuh dua digit. Penerimaan PPh Non-Migas dan PPh Migas masing- masing tumbuh 19,07% dan 38,23%.



"Apabila kita lihat lebih dalam, sebagian besar jenis-jenis pajak utama menunjukkan kinerja yang cukup baik, umumnya mencapai pertumbuhan double digits di bulan Januari," ungkapnya.

Menkeu menambahkan, PPh Pasal 25/29 masih mampu melanjutkan tren pertumbuhan di atas 20% yang telah berlangsung sepanjang tahun 2018. Bahkan, pada periode ini pertumbuhanya mencapai 57,12% (yoy).

Menkeu pun menegaskan bahwa dirinya akan terus meningkatkan penerimaan pajak sesuai target APBN 2019. Untuk itu, tegas dia, pelaporan pajak pribadi perlu digenjot.

"Kita mendukung masyarakat untuk membayar pajak lebih awal untuk menghindari keresahan mendekati akhir batas pelaporan. Jadi saya tekankan, mari kita sampaikan SPT menggunakan e-filing agar lebih mudah," tegasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak