Cegah Pasar Diambil Negara Lain, Jokowi Minta Petani Tanam Rempah-Rempah

Selasa, 19 Maret 2019 - 23:08 WIB
Cegah Pasar Diambil Negara Lain, Jokowi Minta Petani Tanam Rempah-Rempah
Cegah Pasar Diambil Negara Lain, Jokowi Minta Petani Tanam Rempah-Rempah
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong para petani untuk mempertimbangkan memilih komoditas-komoditas yang lain selain padi, jagung yang memiliki nilai tinggi. Ia menunjuk contoh misalnya kopi untuk ditanam agar menguntungkan.

“Rempah-rempah yang juga mulai dulu. Sudah mulai kita tinggalkan, saya perintah kepada Menteri Pertanian rempah-rempah harus dimulai lagi ditanam,” ujar Presiden Jokowi seperti dilansir Setkab di Jakarta, Selasa (19/3/2019)

Kepala Negara mengingatkan, rempah-rempah itu merupakan kekuatan kita sejak dulu, sejak dahulu kala. Ia mengingatkan, orang Eropa saja bertempur ke Indonesia gara-gara rebutan rempah-rempah. Namun, Presiden Jokowi heran sekarang tidak ada yang tanam rempah-rempah. Selain itu, juga tidak ada yang melakukan peremajaan. "Keliru besar kita,” tukasnya.

Presiden mengaku sudah memerintahkan (menanam rempah-rempah) ini dalam 3 tahun yang lalu. Diakuinya penyiapan bibit-bibit disiapkan sudah dimulai. Tapi alangkah lebih baiknya, menurut Presiden, kalau HKTI juga ikut berbondong-bondong, mulai memikirkan kembali urusan yang berkaitan dengan rempah-rempah.

“Jangan kita berbelok arah, kemudian diambil oleh negara lain. Lada ini sudah diambil oleh Vietnam. Baru saja ngambilnya juga. Kita sudah hampir kalah. Kira rajanya lada jadi… hati-hati mengenai ini,” tegas Presiden Jokowi.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4886 seconds (0.1#10.140)